Selasa 07 Mar 2023 01:10 WIB

Tiket KA Lebaran Terjual 20 Persen, Rute Jakarta-Yogyakarta Jadi Favorit Pemudik

Jumlah itu akan bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yusuf Assidiq
PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1444 H mulai Ahad, 26 Februari 2023.
Foto: Dok Humas Daop 3 Cirebon
PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1444 H mulai Ahad, 26 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI telah membuka tiket kereta Lebaran periode 12 April hingga 20 April sebanyak 912.698 tiket. Per Senin (6/3/2023), Joni mengatakan tiket telah terjual 184.551 tiket atau sekitar 20 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. Ini akan dinamis sekali menjelang tiket untuk hari H-1," ujar Joni saat konferensi pers di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Senin (6/3/2023).

Dikatakan sejumlah rute seperti dari Jakarta menuju Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bandung-Blitar menjadi salah satu yang paling banyak dipesan. Joni mengatakan rute lain yang juga akan mengalami peningkatan penjualan ialah Jakarta-Semarang.

Ia berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket kereta masa angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. "Kebanyakan pemesanan dilakukan di malam hari mungkin karena sudah santai setelah bekerja, trafiknya untuk malam tinggi," ujarnya.

Joni menyampaikan KAI sendiri menyiapkan 3,5 juta tiket untuk masa angkutan Lebaran hingga H+10. Jumlah ini masih bisa meningkat apabila adanya kereta tambahan ke depan.

"Untuk kereta tambahan kita masih melihat perkembangan. Kalau nanti sudah ada, kita akan sosialisasikan kepada masyarakat," kata Joni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement