Selasa 07 Mar 2023 18:52 WIB

Lanud Adisutjipto Dukung Pengembangan Aerowisata di DIY

Pengembangan aerowisata di DIY sudah cukup lama direncanakan.

Tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU melakukan sesi latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DIY beberapa waktu lalu.
Foto: Hendra Nurdiyansyah/Antara
Tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU melakukan sesi latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DIY beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --  Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adisutjipto bakal mendukung pengembangan destinasi aerowisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan memanfaatkan sejumlah landas pacu yang dimiliki.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto menyampaikan kesiapan itu seusai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (7/3/2023).

"Saya menjabat sebagai Komandan Lanud Adisutjipto baru satu bulan. Jadi saya memperkenalkan diri sebagai pejabat baru kemudian membahas juga terkait dengan pengembangan olahraga dirgantara di Yogyakarta. Tadi kami bahas tentang pengembangan aerowisata yang ada di Parangtritis," kata Dedy.

Menurut dia, landas pacu di Pantai Depok, Bantul yang biasa digunakan untuk pendaratan pesawat sport bisa dikembangkan untuk aerowisata di DIY.

 

"Kemudian di Pantai Watugupit (Gunungkidul) itu kami ada untuk paralayang dan gantole di sana. Nah itu yang akan kami kembangkan juga untuk aerowisata," ujar Dedy yang sebelumnya bertugas sebagai Komandan Komando Sektor II.

Dedy mengatakan Gubernur DIY Sri Sultan HB X mendukung rencana pengembangan aerowisata di DIY dan memintanya segera mengajukan draft rencana untuk selanjutnya dibahas bersama dengan beberapa pejabat terkait.

Menurut Dedy, pengembangan aerowisata di DIY sudah cukup lama direncanakan, namun terkendala berbagai hal, salah satunya pandemi Covid-19.

"Kami akan serahkan draf rencananya. Nanti bapak Gubernur akan mengumpulkan beberapa pejabat untuk dibahas. Mudah-mudahan minggu depan kami serahkan," kata Dedy.

Sementara itu, terkait ketugasannya sebagai Danlanud Adisutjipto yang baru, Dedy menuturkan Sri Sultan HB X berpesan agar terus melanjutkan kerja sama antara Pemda DIY dan TNI Angkatan Udara yang selama ini telah berjalan sangat baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement