Selasa 14 Mar 2023 17:06 WIB

Daop 8 Surabaya Operasikan Delapan Kereta Tambahan Angkutan Lebaran

Total ada penambahan 81.560 tempat duduk kereta jarak jauh.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah penumpang berjalan menuju kereta api (KA) di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Sejumlah penumpang berjalan menuju kereta api (KA) di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya menyiapkan tiket kereta api tambahan pada masa angkutan Lebaran Idul Fitri 2023. Manager Humas KAI Daop 8, Surabaya Luqman Arif menyatakan, tiket kereta api tambahan mulai bisa dipesan pada 13 Maret 2023.

Luqman menjelaskan, ada delapan kereta api tambahan yang dioperasikan di wilayah Daop 8 Surabaya. Yakni KA Sancaka Tambahan dengan rute Surabaya Gubeng -Yogyakarta, KA Arjuno Ekspres rute Surabaya Gubeng-Malang, KA Gajayana Tambahan rute Malang-Gambir, KA Sembrani Tambahan rute Surabaya Pasarturi-Gambir.

Kemudian, KA Kertajaya Tambahan rute Surabaya Pasarturi-Pasar Senen, KA Malioboro Ekspres rute Malang-Yogyakarta, KA Pasundan Tambahan rute Surabaya Gubeng-Kiaracondong, dan KA Tambahan Sbi-Sgu-Gmr dengan rute Surabaya Pasarturi-Surabaya Gubeng-Gambir.

"Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," ujarnya, Selasa (14/3/2023).

Luqman menjelaskan, total pihaknya menambah 81.560 tempat duduk kereta jarak jauh, atau rata-rata 5.330 tempat duduk per hari. Kereta api tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Banyuwangi, dan sebagainya.

"KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat yang ingin mudik menggunakan kereta api pada momen Lebaran 2023," ujarnya.

Berdasarkan pantauan pada 12 Maret 2023, tiket kereta jarak jauh pada masa angkutan Lebaran 2023 yang telah terjual adalah 116.204 tiket, atau 28 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan sebanyak 418.807 tiket. Jumlah tersebut diyakininya masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

"Pemesanan tiket tertinggi pada masa angkutan Lebaran 2023 ini terpantau pada 20 April 2023 sebanyaik 59 persen dari kapasitas tempat duduk atau sebanyak 15.516 tiket terpesan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement