Kamis 23 Mar 2023 20:33 WIB

JNE Serahkan Kendaraan Perpustakaan Keliling untuk Rumah Baca Sang Petualang

Berawal prihatin pada minat baca anak-anak, Wahyudi tergerak jadi pegiat literasi.

JNE menyerahakan satu unit kendaraan roda tiga untuk perpustakaan keliling Rumah Baca Sang Petualang di JNE Wonogiri Jalan Diponegoro Nomor 24 Pokoh Wonoboyo, Wonogiri, Jawa Tengah. Selasa (21/3/2023).
Foto: JNE
JNE menyerahakan satu unit kendaraan roda tiga untuk perpustakaan keliling Rumah Baca Sang Petualang di JNE Wonogiri Jalan Diponegoro Nomor 24 Pokoh Wonoboyo, Wonogiri, Jawa Tengah. Selasa (21/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI -- JNE menyerahkan satu unit kendaraan roda tiga dan buku cerita untuk perpustakaan keliling Rumah Baca Sang Petualang. Serah terima kendaraan yang merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) JNE ini dilaksanakan di JNE Wonogiri Jalan Diponegoro Nomor 24 Pokoh Wonoboyo, Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (21/3/2023). 

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Cabang JNE Solo Agus Yunanto didampingi Kepala Cabang JNE Wonogiri Muhammad Narulloh serta disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Sriyanto.

Berawal dari keprihatinannya terhadap minat baca anak-anak di desa, Wahyudi tergerak untuk menjadi pegiat literasi. Tekadnya sangat besar untuk meningkatkan budaya membaca di tanah kelahirannya Kecamatan Giriwoyo sebuah daerah di Wonogiri bagian Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan.

Di tengah kesibukannya sebagai tenaga lepas yang merantau di Jakarta, ia mulai mengumpulkan buku dengan rutin menjadi penonton dalam acara talkshow Kick Andy demi mendapatkan buku secara gratis. Yudi, sapaan akrabnya, bahkan mengajak puluhan temannya untuk ikut menonton demi mendapatkan lebih banyak buku secara gratis dari acara tersebut.

 

"Selain menjadi penonton Kick Andy selama tahun 2014-2015, saya juga menyisihkan sebagian penghasilan Saya untuk menambah koleksi buku," kenang Yudi dalam siaran pers, Kamis (23/3/2023). Hingga akhirnya Ia berhasil mendirikan taman bacaan bernama Rumah Baca Sang Petualang pada Juli 2015.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Cabang JNE Solo  Agus Yunanto menyampaikan bahwa kegiatan CSR JNE ini sesuai dengan filosofi founding father JNE, Soeprapto Soeparno (alm), bahwa JNE harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan negara Republik Indonesia dengan semangat Berbagi, Memberi, Menyantuni.

Kegiatan positif ini disambut baik oleh pemerintah daerah Wonogiri dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Sriyanto. Dalam sambutannya Sriyanto mengapresiasi keterlibatan JNE sebagai sektor swasta untuk turut meningkatkan literasi di Kabupaten Wonogiri. Pihaknya pun sangat mengetahui sepak terjang Rumah Baca Petualang karena 

Wahyudi juga merupakan Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Wonogiri. Salah satu programnya yang digagas bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mulai besok bulan Ramadan adalah RBSP Jungmas singkatan dari Rumah Baca Sang Petualang Kunjung Masjid.

Setelah serah terima, Wahyudi dan para relawan Rumah Baca Sang Petualang yang turut hadir memancarkan raut wajah bahagia. "Kami tidak menyangka ternyata gerakan kecil kami dilirik oleh JNE yang memiliki kepedulian terhadap literasi di Indonesia, momen ini juga bertepatan dengan program RBSP Jungmas akan kami laksanakan untuk mengisi kegiatan positif anak-anak selama bulan Ramadhan," ujarnya.

Selain dari pemerintah daerah dan penerima manfaat hadir pula salah satu pelanggan setia JNE Wonogiri yaitu Supriyanto. Supriyanto adalah owner dari Yosse Cinderamata yang beberapa jenis produknya berupa mainan edukasi dan mainan tradisional. Dalam kesempatan tersebut Supriyanto menyerahkan beberapa jenis produk untuk menunjang kegiatan Rumah Baca Sang Petualang. "Saya berterima kasih karena toko kami dilibatkan dalam kegiatan sosial seperti ini sehingga mainan tradisional tetap dikenal anak-anak di era digital saat ini," ungkap Supriyanto.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement