Jumat 24 Mar 2023 08:11 WIB

FBE UII Gelar Beragam Kegiatan Selama Ramadhan

Dekan FBE UII mendorong agar kegiatan Ramadhan tahun ini meriah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Daftar menu berbuka Masjid Al-Muqtashidin Fakultas Bisnis dan Ekonomi (FBE) Universitas Islam Indonesia selama Ramadhan 1444 Hijriyah.
Foto: Instagram @masjidalmuqtashidin
Daftar menu berbuka Masjid Al-Muqtashidin Fakultas Bisnis dan Ekonomi (FBE) Universitas Islam Indonesia selama Ramadhan 1444 Hijriyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Takmir Masjid Al-Muqtashidin Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia (FBE UII) mengadakan beragam kegiatan selama Ramadhan 1444 Hijriyah. Semarak Ramadan (SEMAR) FBE UII 1444 Hijriyah jadi tema besar yang diangkat dalam kegiatan Ramadhan di tahun ini.

"Kegiatan bulan Ramadhan kali ini dilaksanakan secara terbuka untuk civitas academica FBE UII dan kalangan umum di Masjid Al-Muqtashidin FBE UII Jalan Prawiro Kuat, Ngringin, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Ketua Takmir Masjid Al-Muqtashidin FBE UII, Rizki Hamdani, dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Berbagai kegiatan yang dilakukan antara lain pembagian menu buka puasa gratis, kajian Ramadhan menjelang berbuka puasa, sholat tarawih berjamaah, iktikaf, zakat, dan sholat idulfitri. SEMAR FBE UII dibuka langsung oleh Dekan FBE UII, Johan Arifin,  sekaligus sebagai pengisi kajian perdana Ramadhan dengan tema: Mahasiswa UII yang Substantif, Inklusif, Kontributif.

Rizki mengatakan bahwa bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang dinantikan dan disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh keluarga besar FBE UII seperti dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan juga masyarakat sekitar FBE UII. "Bulan Ramadhan ini tepat bagi kita sebagai momentum ilmu amaliah, amal ilmiah," ujarnya.

"Harapannya juga dengan adanya SEMAR FBE UII ini kita dapat meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak amal kebaikan serta menjadi saat yang sangat tepat untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama," ujarnya.

Dekan FBE UII mendorong agar kegiatan Ramadhan tahun ini meriah dan berdampak bagi civitas academica juga masyarakat di sekitar FBE UII. Ia menambahkan, Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan di mana semua amal baik yang dikerjakan akan dilipat gandakan pahalanya.

Adapun rincian kegiatan SEMAR FBE UII 1444 Hijriyah sebagai berikut: 

1. Pembagian Menu Buka Puasa Gratis

Setiap hari, 1 s.d 27 Ramadhan 1444 H 

2. Kajian Ramadhan menjelang berbuka puasa 

Setiap hari, 1 s.d 27 Ramadhan 1444 H

3. Sholat Tarawih 

Setiap hari, 1 s.d 30 Ramadhan 1444 H 

4. Iktikaf dan Sahur Bersama 

Hari ke-21 s.d 27 Ramadhan 1444 H  

5. Penyaluran Zakat 

Hari ke-28 dan 29 Ramadhan 1444 H 

6. Sholat Idul Fitri

1 Syawal 1444 H 

Tempat: Masjid Al-Muqtashidin Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII

 

Sekitar 350 porsi menu buka puasa gratis akan dibagikan setiap hari di Masjid. Takmir Masjid Al-Muqtashidin FBE UII juga membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan ini dengan berdonasi. Informasi seputar rangkaian kegiatan SEMAR FBE UII dapat dilihat langsung melalui Instagram resmi Masjid di @masjidalmuqtashidin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement