Jumat 24 Mar 2023 11:33 WIB

Animo Tinggi, Universitas Brawijaya Buka Prodi Magister Teknik Industri

Prodi ini diharapkan dapat menghasilkan SDM berstandar internasional.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
 Universitas Brawijaya (UB) membuka Program Studi (Prodi) Magister Teknik Industri.
Foto: Dokumen
Universitas Brawijaya (UB) membuka Program Studi (Prodi) Magister Teknik Industri.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya (UB) Malang akhirnya membuka Program Studi Magister Teknik Industri. Pembukaan prodi ini dilatarbelakangi oleh adanya permintaan yang tinggi dari masyarakat terhadap bidang tersebut.

Untuk merespons hal tersebut, UB membuka peluang untuk profesional, akademisi, dan masyarakat umum guna meningkatkan kualifikasi di bidang Rekayasa dan Manajemen Industri melalui Magister Teknik Industri. Program ini berada di bawah naungan Fakultas Teknik Departemen Teknik Industri.

Ketua Prodi Magister Teknik Industri UB, Ishardita Pambudi Tama menyatakan, beberapa bidang riset yang dapat diambil oleh mahasiswa di prodinya antara lain Quality and Manufacturing Systems, Ergonomics and Work Safety, Digital Economic, Business Intelligence, serta penelitian terkini lainnya. 

Untuk mendukung kurikulum yang mutakhir, pihaknya bekerja sama dengan industri seperti GoTo, PT LyondellBassel, PT Natural Lautan Krimerindo, dan perusahaan multi nasional lainnya. "Kemudian juga telah menjalin kerja sama dengan universitas luar negeri untuk mendukung program pembelajaran seperti National University of Singapore, Yamaguchi University, Universiti Teknikal Malaysia Melaka, dan universitas lainnya," katanya di Kota Malang, Jumat (24/3/2023).

Ishardita berharap keberadaan prodi tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap meningkatnya kualitas SDM yang profesional. Kemudian dapat menghasilkan SDM berstandar internasional dan memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan di industri 4.0 dan society 5.0.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Departemen Teknik Industri UB, Sugiono. Dia berharap Prodi Magister Teknik Industri dapat menjawab tantangan terhadap kebutuhan kebutuhan sumber daya di era Revolusi Industri 4.0.

Untuk diketahui, program ini menerima mahasiswa baru untuk tahun akademik 2023/2024 yang akan dimulai pada Agustus 2023. Prodi tersebut menyediakan dua jalur pendaftaran untuk calon mahasiswa, yaitu reguler dan fast track.

Penerimaan mahasiswa melalui jalur reguler dapat diikuti oleh masyarakat umum yang memiliki gelar Sarjana Keteknikan, Ekonomi, Manajemen dan Bisnis. Selanjutnya, mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran pada https://selma.ub.ac.id/penerimaan-program-magister-dan-program-doktor-fakultas-teknik-ub/ .

Selain itu, prodi ini juga menyediakan jalur fast track untuk mahasiswa Teknik Industri UB yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Pendaftaran mahasiswa baru memasuki gelombang II dimulai pada 27 Maret 2023 hingga 2 Mei 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan wawancara pada 3 Mei 2023 sampai 19 Mei 2023. Lalu hasilnya akan diumumkan pada 23 Mei mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement