Sabtu 25 Mar 2023 15:48 WIB

Insiden Perahu Tambang Terbalik di Surabaya, Satu Orang Hilang

Saat kejadian, total terdapat 13 penumpang perahu tambang itu.

Warga menaiki perahu penyebrangan atau perahu tambang ketika menyeberangi sungai di Surabaya, Jawa Timur (ilustrasi)
Foto: Antara/Patrik Cahyo Lumintu
Warga menaiki perahu penyebrangan atau perahu tambang ketika menyeberangi sungai di Surabaya, Jawa Timur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Belasan orang menjadi korban usai satu unit perahu tambang yang beroperasi di sungai kawasan Jalan Raya Mastrip Kemlaten Surabaya mengalami insiden tenggelam, Sabtu (25/3/2023).

"Delapan (korban) yang sudah selamat dan ditepikan. Kemudian dua orang dibawa ke rumah sakit, satu hilang, dua petugas selamat, jadi total 13 penumpang," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Surabaya Buyung Hidayat.

Selain penumpang, perahu tambang yang biasa digunakan masyarakat menyeberangi sungai setempat juga mengangkut sejumlah kendaraan roda dua. "Kendaraan (yang diangkut perahu) lebih dari lima unit," ujarnya.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Karangpilang Iptu Gogot Purwanto mengatakan, petugas saat ini masih melakukan upaya pencarian pada satu orang korban yang dinyatakan hilang.

 

Dia juga belum mengetahui identitas rinci korban tersebut. "Satu (korban hilang) masih dicari. Belum mengetahui apakah korban perempuan atau laki-laki," kata dia.

Kejadian itu bermula ketika perahu yang ditumpangi 13 orang tengah melintasi sungai di kawasan Jalan Mastrip Kemlaten Surabaya. Saat perahu melintas, arus sungai diduga tengah dalam kondisi deras.

Perahu tambang itu kemudian bocor dan akhirnya terbalik. Petugas di perahu tambang itu kemudian berupaya melakukan upaya penyelamatan pada seluruh penumpang.

Namun, ada satu yang kemudian hanyut terbawa arus sungai. Usai mendapatkan kejadian, kepolisian setempat, PKM Kedurus, BPBD Kota Surabaya, dan beberapa petugas lainnya langsung mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi pada korban selamat.

BPBD Kota Surabaya juga membuka posko pencarian satu korban perahu tambang yang dinyatakan hilang. Berdasarkan informasi yang dihimpun, lima orang petugas Kantor SAR Kota Surabaya juga turut diterjunkan membantu proses pencarian satu orang korban yang dinyatakan hilang itu.

Hingga kini, proses pencarian salah seorang korban masih terus dilakukan. Petugas gabungan melakukan penyisiran di sekitaran lokasi kejadian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement