Ahad 26 Mar 2023 13:04 WIB

Investasi di Indostrait, Shenhua Energy Dikabarkan Siap Suntikkan Dana 7,2 Juta Dolar AS

Dana tersebut di antaranya dialokasikan untuk pembangunan intermediate stock pile.

PT Indo Straits Tbk (PTIS) akan mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk pengembangan bisnis pada tahun 2023.
Foto: dokpri
PT Indo Straits Tbk (PTIS) akan mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk pengembangan bisnis pada tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indo Straits Tbk (PTIS) akan mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk pengembangan bisnis pada tahun 2023. PTIS tidak menyebut besaran capex tahun depan. Namun dipastikan belanja modal akan lebih besar ketimbang tahun ini.

Berdasarkan laporan keuangan PTIS kuartal ketiga 2022, emiten konstruksi, dukungan logistik pertambangan, dan perdagangan ini menghabiskan dana 1,27 juta dolar AS untuk pembelian aset tetap. Angka investasi ini meningkat 62,54 persen secara tahunan.

China Shenhua Energy dikabarkan telah menyiapkan 7,2 juta dolar AS untuk melakukan investasi di Indostrait. Angka ini mencapai 35 persen saham indostrait seharga 700 per lembar dengan jumlah keseluruhan total lembar saham yang dibelinya 157.557.855. Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan intermediate stock pile dan juga pembelian unit peralatan untuk mendukung kinerja Indo Straits. 

"Masih dalam diskusi internal, Jadi kami belum bisa menyampaikan besarannya," kata Direktur Utama PTIS Toh Shi Jie dalam paparan publik, Rabu (21/12/2022).

Dia menambahkan, PTIS masih menghitung target pendapatan dan laba untuk tahun depan. Untuk tahun ini, Toh Shi Jie optimistis target pendapatan sebesar 15 juta dolar AS dan laba bersih sebesar 700 ribu dolar AS pada tahun 2022 dapat tercapai dengan memaksimalkan jasa layanan yang ada. 

"Kami meyakini target tersebut mampu dicapai sampai akhir tahun 2022 dan 2023 akan lebih baik daripada tahun sebelumnya," ujar dia. 

Untuk meningkatkan kinerja, Indo Straits akan meningkatkan layanan serta memperoleh dan memulai proyek baru secara maksimal. PTIS men-support proyek dengan peralatan yang ada saat ini sehingga dapat menjalankan dengan maksimal.

Rencana tahun 2023 ini, Indo Straits akan memaksimalkan bisnis di perusahaan pertambangan dengan memaksimalkan kegiatan anak usaha yang dimiliki yaitu PT Pelayaran Straits Perdana dan PT Straits Mining Services. 

PTIS juga berusaha untuk memaksimalkan sektor jasa yang ada di perusahaan untuk peningkatan pendapatan di tahun depan dengan cara menambah peralatan dan armada untuk proyek baru dari dana hasil investasi. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement