Rabu 29 Mar 2023 01:17 WIB

Animo Tinggi, Tiket KA Lebaran Daop Madiun Hampir Ludes Terjual

KAI mengimbau masyarakat merencanakan perjalanan liburan Lebaran jauh hari.

Sejumlah calon penumpang bersiap naik Kereta Api (KA) di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Sejumlah calon penumpang bersiap naik Kereta Api (KA) di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Tiket kereta api jarak jauh untuk angkutan Lebaran 2023 di Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, sudah terjual hampir 100 persen dari total tiket yang tersedia.

"Sampai dengan Selasa, tiket yang sudah terjual untuk keberangkatan 16, 17, 18 April sampai mendekati Lebaran cukup tinggi, yakni di atas 90 persen bahkan ada yang hampir 100 persen," ujar Manajer Humas Daop 7 Madiun Supriyanto di Madiun.

Menurut dia, sejumlah KA jarak jauh di Daop Madiun yang tiketnya telah terjual hampir 100 persen di antaranya KA Kahuripan relasi Kiara Condong Bandung-Blitar, KA Gajayana relasi Gambir Jakarta-Malang, dan KA Brawijaya relasi Gambir Jakarta-Malang.

Adapun total kapasitas tempat duduk yang disediakan selama libur Lebaran 2023 di Daop Madiun mencapai 198.829 tiket. Periode keseluruhan libur Lebaran 2023 berlangsung selama 22 hari, mulai 12 April 2023 hingga 3 Mei 2023.

Kondisi yang sama untuk tiket KA jarak jauh pada arus balik yang juga telah terjual di atas 90 persen. Untuk relasi favorit yang dipesan antara lain adalah tujuan Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan Jember.

Supriyanto menambahkan tingginya penjualan tiket KA jarak jauh pada masa angkutan Lebaran 2023 tersebut dipengaruhi oleh minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan balik dengan moda transportasi kereta api.

"Selain itu juga dipengaruhi oleh tarif promo yang dikeluarkan PT KAI, seperti program KAI Access Ramadhan Festive 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui penjualan tiket di masa Angkutan Lebaran 2023 dengan tarif yang sangat terjangkau," kata dia.

Melihat tingginya animo masyarakat, diperkirakan jumlah pemesanan tiket tersebut masih akan bertambah karena masa penjualan tiket saat angkutan lebaran juga masih berlangsung.

Untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api pada momentum Lebaran 2023, Daop 7 Madiun menyediakan 54.936 tempat duduk KA jarak jauh tambahan yang berangkat dan melewati wilayah daop setempat pada masa angkutan hari raya tersebut.

"Total tempat duduk KA tambahan yang berangkat dan melewati wilayah Daop 7 Madiun, bertambah sebanyak 54.936 tempat duduk KA jarak jauh atau rata-rata 3.408 tempat duduk per hari," katanya.

Supriyanto menjelaskan pemesanan tiket lebaran dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

KAI mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan liburan Lebaran jauh hari. KAI juga mengingatkan calon penumpang agar teliti dalam memasukkan data tanggal, rute, serta identitas diri pada saat melakukan pemesanan.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran," ujar dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement