Sabtu 01 Apr 2023 05:20 WIB

Polres Temanggung Sita 10,7 Kg Bubuk Mercon, Tiga Tersangka Diamankan

Tersangka menjual bubuk mercon dengan harga Rp 250 ribu.

Anggota polisi menunjukkan bahan peledak untuk pembuatan petasan saat rilis kasus (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Anggota polisi menunjukkan bahan peledak untuk pembuatan petasan saat rilis kasus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, menyita seberat 10,7 kilogram bubuk bahan petasan (mercon) dari dua kasus yang melibatkan tiga tersangka, yakni IK (30), YA (18), dan WA (20).

Wakapolres Temanggung Kompol Minarto menyampaikan pada kasus pertama dengan tersangka IK warga Kedu, Temanggung, terjadi pada Kamis (30/3). Dalam kasus ini, petugas menyita seberat 6,7 kg bubuk mercon.

Kompol Minarto mengatakan tersangka membuat obat petasan dengan bahan berupa serbuk sulfur, serbuk potassium, dan serbuk aluminium. Selanjutnya, dicampur hingga menjadi obat petasan, kemudian dijual dengan cara COD.

"Tersangka menjual bubuk mercon tersebut dengan harga Rp 250 ribu per kilogram," katanya. Pada kasus kedua, polisi menyita empat kg bubuk mercon dari tersangka YA dan WA warga Gemawang, Temanggung.

Selain itu, petugas juga menyita dua buah mercon ukuran besar dari tersangka, dengan ukuran diameter 10 centimeter tinggi 14 cm dan diameter 8 cm tinggi 11 cm.

Dalam kasus tersebut, kata dia, tersangka WA membuat obat mercon dengan bahan berupa sulfur, potassium, dan serbuk aluminium yang dijual secara daring (online).

"Setelah ada pesanan dari pembeli, YA yang mengantar ke alamat pembeli. Kedua tersangka ini selain menjual obat mercon juga untuk membuat mercon sendiri," ujar dia.

Para tersangka dijerat pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement