Sabtu 08 Apr 2023 13:41 WIB

Pemkab Pamekasan Beri Beasiswa 5.000 Santri

Program beasiswa santri bekerja sama dengan 67 pondok pesantren mitra.

Beasiswa (ilustrasi)
Foto: PxHere
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur hingga saat ini telah memberikan beasiswa kepada 5.000 santri yang tersebar di berbagai kecamatan di wilayah itu.

"Sebanyak 5.000 orang santri yang kita beri beasiswa ini, semuanya dari keluarga miskin dan kurang mampu," kata Bupati Pamekasan Badrut Tamam pada acara Safari Ramadhan di Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Jumat (7/4/2023).

Program beasiswa santri digelar Pemkab Pamekasan sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Pamekasan pada 2018. Target awal, bantuan beasiswa santri yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Pamekasan itu hanya untuk 1.000 orang.

Oleh karena program tersebut dibutuhkan masyarakat, katanya, dalam perkembangan berikutnya terus bertambah, apalagi didukung DPRD Pamekasan. "Karena itu, maka santri yang kita beri beasiswa bertambah hingga mencapai 5.000 orang hingga Maret 2023 ini," katanya.

Ia menjelaskan program beasiswa santri bekerja sama dengan 67 pondok pesantren mitra yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan. "Semua biaya kita tanggung, termasuk kebutuhan alat sekolah, seperti buku, kitab dan uang makan santri, yakni Rp 500 ribu per bulan," katanya.

Pemkab Pamekasan juga memberikan beasiswa kedokteran, hasil kerja sama antara Pemkab Pamekasan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Saat ini, 10 lulusan SMA/SMK dan yang sederajat menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Unair Surabaya dengan biaya APBD Kabupaten Pamekasan.

"Kami juga memfasilitasi anak tidak mampu menjadi anggota Polri hasil kerja sama dengan Polda Jawa Timur. Hasilnya, ada 13 orang tidak mampu telah bekerja di institusi kepolisian," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement