Senin 10 Apr 2023 14:19 WIB

Pasar Lebaran Sleman Mulai 12-15 April, Jual Produk UMKM Lokal

Pesertanya sekitar 115 terdiri atas 113 UMKM dan dua koperasi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Haris Martapa.
Foto: Febrianto Adi Saputro
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Haris Martapa.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman, DIY, akan menggelar Pasar Lebaran 2023. Kegiatan yang mengangkat tema 'Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman' digelar 12-25  April 2023 di kompleks utara Lapangan Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Ini merupakan kegiatan tahunan kita terutama sebelum Hari Raya Idul Fitri, karena animo masyarakat ketika menjelang Idul FItri itu sangat besar," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Haris Martapa, di Pendopo Parasamya Kantor Pemkab Sleman, Senin (10/4/2023).

Selain itu Haris mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya untuk membantu UMKM yang tengah berupaya bangkit setelah pandemi beberapa waktu lalu. Haris juga mengatakan 90 ribu UMKM di Sleman mulai menggeliat.

Untuk itu menurutnya hal tersebut perlu didukung melalui kegiatan Pasar Lebaran 2023. Haris memaparkan untuk kegiatan Pasar Lebaran 2023 kali ini akan diramaikan melalui berbagai rangkaian kegiatan. Pertama yaitu kegiatan bazaar UMKM, dan koperasi.

"Pesertanya kurang lebih ada 115 terdiri atas 113 UMKM dan dua koperasi yaitu Koperasi Konsumen Wasilah Rizki Sejahtera dan koperasi yang anggotanya kurang lebih ada sekitar 17 itu ada Forkom Koperasi Mahasiswa di DIY yang saat ini didominasi koperasi mahasiswa yang ada di Sleman," jelasnya.

Produk yang akan dihadirkan dalam Pasar Lebaran 2023 yakni 82 stan kuliner, 14 stan fashion, lima stan flora, hampers, layanan konsultasi UMKM, dan mitra. Selain itu juga akan dilakukan pembagian 443 paket sembako bagi keluarga miskin di wilayah Padukuhan Drono, Jaban, Pangukan, Beran, Pisangan, Dukuh, Duwet, dan Denggung.

"Harapannya 500 paket bisa kita salurkan," ujarnya. Pasar Lebaran 2023 juga akan menjual sembako murah. Sejumlah sembako yang dijual murah antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, telur, tepung terigu, ayam utuh, dan produk olahan ayam.

Penjualan sembako murah merupakan hasil kerja sama dengan mitra seperti Bulog, Saliman Group, PSM, dan Gapoktan Ngaglik.  "Kita akan sediakan juga 1.000 voucher dengan nilai voucher Rp 5.000, ini nanti bagi pengunjung yang ingin membeli kemudian berkunjung itu juga akan kita bagikan, di samping itu juga kita bagikan pada masyarakat yang ada di sekitar kompleks Pemda Sleman ini," kata dia.

Rangkaian kegiatan lomba juga akan digelar. Seperti lomba Kuis Sleman Sembada antar OPD  Sleman, lomba fashion show antar OPD, lomba azan, dan pildacil tingkat SD.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement