Ahad 16 Apr 2023 01:37 WIB

Warga Diingatkan Cek Instalasi Listrik Sebelum Mudik

Kewaspadaan perlu ditingkatkan untuk menghindari korsleting listrik.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Warga memeriksa meteran listrik di depan rumahnya.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga memeriksa meteran listrik di depan rumahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat meninggalkan rumah untuk melaksanakan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H. Salah satunya untuk mengecek terlebih dahulu instalasi listrik dan peralatan rumah tangga lainnya yang dapat menyebabkan kebakaran.

"Yang perlu dicermati kalau mudik, sebaiknya kalau bisa gunakan lampu utama saja yang dinyalakan. Jangan hanya dimatikan saja, tapi kalau bisa dicabut kabelnya," kata Kepala DPKP Kota Surabaya, Dedik Irianto.

Ia menegaskan sebaiknya kabel atau peralatan elektronik seperti kipas, kabel rol, dan sebagainya, dilepas untuk menghindari korsleting listrik. "Kalau ditinggal lama sebaiknya dilepas saja, jangan hanya di-off-kan saja," ujar Dedik.

Masyarakat juga diingatkan untuk tidak lupa melepas regulator tabung elpiji sebelum melakukan perjalanan mudik. Bukan hanya instalasi listrik di rumah saja yang perlu diwaspadai, Dedik mengingatkan, sebelum mudik Lebaran sebaiknya warga mengecek kondisi kendaraannya sebelum digunakan untuk bepergian jauh.

 

Selain cek kondisi unit kendaraannya, Dedik mengimbau, untuk dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (Apar) bagi yang menggunakan roda empat. "Ketersediaan apar di dalam mobil itu kesadaran masing-masing pemiliknya. Kalau sadar akan keselamatan, pasti pemilik mobil akan menyediakan itu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement