Senin 17 Apr 2023 22:26 WIB

Besok Berlaku One Way di Tol Trans Jawa, Cek Jadwalnya

Dua jam sebelum diberlakukan one way akan dilakukan pembersihan jalur.

Sejumlah kendaraan roda empat melintas di Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Sejumlah kendaraan roda empat melintas di Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Polda Jawa Tengah siap menjalankan sistem saru arah atau one way di jalur tol Trans Jawa mulai dari Jakarta hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. Penerapan ini untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang rencananya dilaksanakan pada H-3 Lebaran.

"Besok mulai pukul 14.00 dimulai 'one way nasional dari Jakarta hingga Kalikangkung," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Semarang.

Menurut dia, seluruh pengemban fungsi lalu lintas sudah melatih cara bertindak yang harus dilakukan saat pemberlakuan sistem satu arah itu.

Menurut dia, dua jam sebelum diberlakukan one way akan dilakukan pembersihan jalur mulai dari Semarang hingga Brebes.

"Kendaraan yang masih berada di jalur yang digunakan untuk one way akan dikeluarkan mulai dari Krapyak hingga Brebes," katanya.

Menurut dia, jika kepadatan kendaraan dari arah barat yang masuk ke Kalikangkung masih tinggi, maka dimungkinkan sistem satu arah diperpanjang hingga pintu Tol Bawen di Kabupaten Semarang.

Cara bertindak, lanjut dia, juga disiapkan di tempat-tempat beristirahat dengan menetapkan maksimal 30 menit untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik.

Selain itu, ia juga sudah meminta pengelola tempat-tempat beristirahat menyiapkan makanan yang dibawa pulang serta memperbanyak toilet portabel.

Sistem satu arah rencananya mulai diberlakukan pada 18 hingga 21 April 2022 di ruas tol Trans Jawa mulai dari Jakarta hingga Kalikangkung Semarang.

One way pada 18 April rencananya dimulai pada pukul 14.00 hingga 24.00 WIB. Sistem one way akan kembali diberlakukan pada 19 April pukul 08.00 WIB hingga 21 April pada pukul 24.00 WIB.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement