Kamis 20 Apr 2023 13:20 WIB

Kapolda DIY Cek Kesiapan Personel Pengamanan Lokasi Wisata

Polda DIY sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, menyapa warga sekitar Malioboro Yogyakarta, Jumat (27/1).
Foto: Dok Humas Polda DIY
Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, menyapa warga sekitar Malioboro Yogyakarta, Jumat (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sejumlah objek wisata di DIY akan jadi tujuan masyarakat selama libur lebaran. Menyikapi hal itu, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, mengecek kesiapan pasukan yang akan bertugas menjaga pengamanan di lokasi wisata.

Dalam gelaran Operasi Ketupat Progo 2023, salah satu yang menjadi prioritas dari Kapolda DIY adalah keselamatan bagi pengunjung wisatawan di daerah pantai yang berada di DIY. Melalui gelar apel pasukan dan peralatan Ditpolair Polda DIY, Suwondo memastikan kesiapan personel dan sarana prasarananya. 

"Jelang libur lebaran tahun 2023 agar jajaran Ditpolairud Polda DIY mengedukasi wisatawan terkait ancaman laka laut," kata Suwondo dalam keterangan tertulis, Kamis (20/4/2023).

Di akhir arahannya, Suwondo memerintahkan jajaran Ditpolairud untuk dapat meningkatkan kegiatan preemtif dan preventif sebagai antisipasi terjadinya tindak kejahatan khususnya di wilayah pantai selatan.

Suwondo sebelumnya juga memprediksi kepadatan di sekitaran lokasi wisata seperti Prambanan dan Kaliurang. Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, Kombes Alfian Nurrizal juga menyampaikan sekitaran  Malioboro juga berpotensi menjadi titik kepadatan pada saat libur lebaran nanti.

"Kepadatan biasanya ya terjadi yang pertama tentunya di Prambanan tentu juga Malioboro," kata Alfian kepada wartawan, Senin (17/4/2023) lalu.

Untuk mengantisipasi kepadatan, Polda DIY sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Alfian mengatakan salah satu upaya yang dilakukan yaitu meniadakan car free night di Malioboro.

"Biasanya kan kita lakukan untuk car free night jam 18.00 -21.00 WIB, ini tidak kita berlakukan," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement