Jumat 21 Apr 2023 15:46 WIB

Terpilih Jadi Capres PDIP, Ganjar Harap Didukung Seluruh Komponen Partai

Tugas yang diberikan kali ini bukanlah tugas yang mudah.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Yusuf Assidiq
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melambaikan tangan usai mengikuti Rakernas PDI Perjuangan di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). Ganjar Pranowo resmi diusung sebagai Calon Presiden dari PDI Perjuangan pada Pilpres 2024.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melambaikan tangan usai mengikuti Rakernas PDI Perjuangan di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). Ganjar Pranowo resmi diusung sebagai Calon Presiden dari PDI Perjuangan pada Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Ganjar Pranowo menegaskan penugasan dirinya sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan merupakan sebuah kehormatan bagi dia yang merupakan kader partai. Ia melihat tugas yang diberikan kepadanya kali ini bukanlah tugas yang mudah.

Ganjar yang hadir langsung dalam pengumuman oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan akan melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Bu Mega, terima kasih. Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim, insya Allah kami akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ganjar dalam pengumuman yang disiarkan secara daring tersebut, Jumat (21/4/2023).

Ganjar menyampaikan, keputusan Megawati tersebut adalah sebuah keputusan yang diambil melalui proses yang amat panjang.

“Maka kiranya kawan-kawan yang hadir semua baik secara luring maupun daring, ada kepala daerah, ketua DPD PDIP, DPC, PAC, ranting, anak ranting, satgas, dan seluruh komponen partai yang lain kami mohon dukungan, kami mohon kritikan-saran. Inilah momentum buat kita untuk mengonsolidasikan kekuatan untuk bersatu. One for all, all for one,” kata Ganjar.

Dia menerangkan, penugasan untuk menjadi capres dari PDIP bukanlah penugasan yang pertama sebagai kader dan petugas partai. Sebelumnya, dia telah mendapatkan penugasan yang sudah dijalani hingga saat ini, mulai dari penugasan membidani lahirnya Badiklat Pusat PDIP, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP), dan Departemen Otonomi Daerah PDIP.

“Setelah itu penugasan berikutnya diberikan kepda saya untuk menjadi anggota DPR RI sampai dua periode. Dan sampai dengan hari ini masih dalam jabatan yang masih saya emban, Ibu Ketua Umum dan PDIP memberikan penugasan kepada saya sebagai gubernur Jawa Tengah dua periode,” jelas dia.

Ganjar mengatakan, penugasan baru yang diberikan kepadanya hari ini merupakan amanat yang jauh lebih berat dari penugasan-penugasan sebelumnya itu. Dia pun berharap mampu menjalankan penugasan itu dengan baik dan akan berjuang sebagai capres Republik Indonesia dari PDIP.

“Hari ini ibu mengumumkan, memberikan amanat kepada saya yang jauh lebih berat. Mudah-mudahan saya mampu. Insya Allah saya akan berjuang dengan baik soal itu sebagai capres RI,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut Megawati mengumumkan nama Ganjar calon presiden 2024 dari PDIP. Ganjar selama ini menjadi yang terpopuler di berbagai survei nasional.

"Menetapkan Ganjar Granowo yang saat ini sebagai Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement