Sabtu 22 Apr 2023 11:48 WIB

Pemkab Sleman Siapkan Antisipasi Kemacetan di Sekitar Obyek Wisata

Sejumlah objek wisata di Sleman diprediksi bakal ramai diserbu wisatawan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Pegunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pegunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wisatawan diprediksi akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kabupaten Sleman pada masa libur lebaran tahun ini. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melakukan antisipasi kemacetan yang mungkin akan terjadi di sekitar obyek wisata.

"Ya kemarin sudah rapat dengan forkopimda terkait kesiapan mengantisipasi pasca lebaran ini, terutama mungkin kepadatan-kepadatan di obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Sleman, kami sudah menyampaikan kepada semua pengurus, pada anggota pokdarwis Untuk menyiapkan seluruh obyek wisatanya untuk menyambut tamu-tamu baik dari sini Sleman sendiri maupun dari luar," kata Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, di Lapangan Sendangadi, Mlati, Sleman, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga

Pemkab Sleman juga berharap kesiapan pengelola obyek wisata dalam menyambut wisatawan. Selain itu dirinya juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk terus memantau lalu lintas. 

"Dan juga nanti dengan kepolisian TNI Polri memantau terus lalu lintas kalau diperlukan untuk antisipasi untuk jalur lalu lintas agar tidak menjadi kemacetan, ini sudah kita komunikasikan semua," ujarnya.

Danang mengatakan obyek-obyek wisata yang akan dipadati wisatawan antara lain Tebing Breksi, Candi Prambanan, dan kawasan Kaliurang. Selain itu wisata alam, desa wisata, dan kuliner yang ada di Sleman juga menjadi destinasi wisatawan dalam menghabiskan libur lebaran.

"Jadi nanti jalan-jalan utama provinsi menuju Sleman ini harus kita pantau terus agar tidak terjadi kemacetan. Kalaupun terjadi kemacetan harus ada jalur alternatif yang sudah kita siapkan, sehingga untuk mengurai kemacetan," ungkapnya.

"Yang penting nanti masyarakat yang mau mengadakan liburan pasca Idul Fitri ini bisa melaksanakan dengan tenang aman dan tentunya diberi keselamatan  di jalan," imbuhnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement