Sabtu 22 Apr 2023 12:06 WIB

Ganjar Pranowo Ungkap Ciri-Ciri Cawapres Pendampingnya di Pilpres 2024, Siapa?

Ganjar menyebut ciri-ciri cawapresnya adalah punya visi yang sama.

Rep: Co2 / Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat perjalanan Jakarta ke Solo dengan menggunakan pesawat kepresidenan seusai deklarasi Capres PDIP, Jumat (21/4/2023).
Foto: Agus Suparto
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat perjalanan Jakarta ke Solo dengan menggunakan pesawat kepresidenan seusai deklarasi Capres PDIP, Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo membocorkan salah satu ciri-ciri calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pemilul 2024. Salah satu cirinya adalah memiliki visi yang sama dan komitmen meneruskan pembangunan yang sudah dimulai Presiden Joko Widodo.

“Tentu bisa bekerja sama, punya visi yang sama," katanya saat jumpa pers, Sabtu (22/4/2023). “Ini mesti kita jaga dan kita lanjutkan," tambahnya.

Namun, Ganjar menegaskan soal cawapres akan menjadi kesempatan antarpartai yang tentunya dengan persetujuan dari Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. "Tentunya semua partai nanti akan berkoordinasi bekerjasama, lirik-lirikan, ngobrol ngopi. Bu ketua umum (Megawati) sudah menginstruksikan bahwa nanti partai yang akan mengorganisir," kata Ganjar.

“Sekarang kan pasarnya, kalau boleh dikatakan itu kan orang bisa lempar-lempar ke luar. Saya kira setelah kemarin diumumkan, partai-partai saya akan segera bicarakan lebih detail lagi,” ucap dia.

Menurut Ganjar, tantangan ke depannnya tidaklah mudah. Sebab, ia butuh sosok yang mampu menopang cita-cita sesuai dengan pembukaan UUD 1945. Namun masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibereskan.

“PR kita tidak mudah ya. Pembukaan UUD sebagai visi panjang negeri ini saya kira jauh yang mesti dibereskan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan beberapa nama calon wakil presiden potensial untuk mendampingi Capres PDIP Ganjar Pranowo. Salah satunya adalah Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai melangsungkan shalat idul Fitri di masjid raya sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2023). "Calonnya sudah semakin jelas siapa capresnya tinggal menunggu cawapresnya," katanya.

Disinggung soal kriteria khusus dan calon cawapres yang cocok untuk Ganjar, Jokowi menyebutkan ada banyak. Namun, ia sempat menyebutkan beberapa nama.

"(Kriteria khusus?) Kok tanya saya (Yang cocok?) Banyak, ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno. Kan banyak kan. Ada Pak Mahfud, ada Pak Ridwan Kamil, ada Cak Imin, Ada Pak Airlangga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement