Rabu 26 Apr 2023 21:31 WIB

Layanan Satpas SIM Kini Terintegrasi di Kantor Satlantas Polres Semarang

Alur dan mekanisme pengurusan SIM dibuat agar lebih simpel.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
  Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM 1459 Polres Semarang, yang berada di lingkungan kantor Satlantas Polres Semarang, di Jalan Diponegoro No 169, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (26/4).
Foto: Bowo Pribadi
Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM 1459 Polres Semarang, yang berada di lingkungan kantor Satlantas Polres Semarang, di Jalan Diponegoro No 169, Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Di tengah tingginya aktivitas pengamanan arus balik Lebaran 1444 Hijriyah (2023), Polres Semarang tetap mewujudkan upaya-upaya untuk mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini ditandai dengan diresmikannya penggunaan (operasional) fasilitas Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) 1459 Polres Semarang, yang berada di lingkungan kantor Satlantas Polres Semarang, di Jalan Diponegoro No 169, Ungaran, Rabu (26/4).

Sebelumnya, penyelenggara administrasi penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) ini berada di lingkungan (masih menyatu) dengan Mako Induk Polres Semarang, di Jalan Gatot Subroto No 85 Ungaran.

“Ini bagian dari upaya kam untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra, usai memimpin Kegiatan doa bersama serta peresmian fasilitas Satpas SIM 1459.

Tidak hanya menempati lokasi yang baru, jelas kapolres, Satlantas juga memperbaiki sarana dan prasarana, lebih merapikan lagi tempatnya, mempercantik dan mengubah suasananya.

Namun juga mengubah alur dan mekanisme pengurusan SIM agar lebih simpel dan sederhana supaya masyarakat dalam pengurusan/penerbitan SIM merasa lebih nyaman dan semakin dimudahkan.

“Harapannya, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih berkualitas dan lebih praktis pada saat mengurus maupun dalam hal permohonan pembuatan SIM,” ungkap Oka didampingi Wakapolres, Kompol Sigit Ari Wibowo, dan Kasatlantas Polres Semarang, AKP Dwi Himawan Chandra.

Kapolres juga menyampaikan, sebagai institusi yang masih jauh dari sempurna, Polres Semarang tetap terus berupaya melakukan berbagai perbaikan dan berupaya memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Semarang.

Oleh karena itu, Polres Semarang juga tidak akan menutup diri dari berbagai kritik, saran serta masukan dari masyarakat demi perbaikan kinerja serta pelayanan yang maksimal jajaran Polres Semarang ke depan.

“Tak terkecuali masukan serta saran terhadap pelayanan yang ada di lingkungan Satpas SIM  juga dapat menyampaikan langsung kepada Satlantas Polres Semarang,” tegas dia.

Sementara itu, kegiatan doa bersama yang merangkai peresmian fasilitas Satpas SIM Polres Semarang ini dilaksanakan sebagai bentuk ikhtiar agar seluruh jajaran yang sedang melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2023 senantiasa diberikan keberkahan dan keselamatan.

Karena sampai dengan hari ini, seluruh jajaran dan anggota masih melaksanakan pengamanan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 1444 Hijriyah, di seluruh wilayah hukum Polres Semarang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement