Kamis 27 Apr 2023 07:14 WIB

Dibandingkan Mudik Tahun Lalu, Jumlah Penumpang Gunakan KA Daop 8 Surabaya Meningkat 

Volume penumpang yang menggunakan KA di Daop 8 Surabaya meningkat 38 persen.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Logo PT KAI
Foto: kai.id
Logo PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jumlah penumpang yang menggunakan KA Daop 8 Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan arus mudik Lebaran tahun lalu. Hal ini diungkapkan Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Jika dibandingkan tahun lalu, Luqman mengatakan, volume penumpang yang menggunakan KA di Daop 8 Surabaya meningkat 75 ribu. "Atau meningkat 38 persen pada periode yang sama (H-8 sampai H+3)," ucap Luqman saat dikonfirmasi Republika, Rabu (26/4/2023).

KAI Daop 8 Surabaya mencatat mulai 14 April hingga Rabu (26/4/2023), sebanyak 268.413 penumpang telah berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Sementara itu, sebanyak 254.038 penumpang tiba di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

Menurut Luqman, peningkatan jumlah penumpang ini dapat terjadi karena transportasi kereta api masih menjadi favorit masyakarat. Beberapa di antaranya karena ketepatan waktu, lokasi stasiun yang strategis, kenyamanan di stasiun maupun diatas KA, dan lain sebagainya.

Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan KA, mereka dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access ataupun mitra resmi lainnya. Namun, jika tanggal favorit yang diinginkan tidak ada, bisa menggunakan fitur connecting train yang terdapat pada aplikasi KAI Access. Pengguna juga dapat memilih tanggal alternatif lain di aplikasi tersebut.

"Sesuai arahan pemerintah yang mengimbau untuk menunda balik, hal ini menjadi berkah tersendiri agar bisa bertemu dengan keluarga lebih lama, dan KAI akan selalu siap melayani penumpang," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement