Kamis 27 Apr 2023 06:44 WIB

Jumlah Penumpang Terminal Arjosari Meningkat, Terbanyak Pengguna Bus AKDP

Kenaikan jumlah penumpang paling tinggi terjadi pada Ahad (23/4/2023).

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
  Suasana Terminal Arjosari, Kota Malang, selama masa mudik dan arus balik Lebaran 2023.
Foto: Wilda Fizriyani
Suasana Terminal Arjosari, Kota Malang, selama masa mudik dan arus balik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jumlah penumpang di Terminal Arjosari, Kota Malang, mengalami sedikit peningkatan dibandingkan musim mudik Lebaran tahun lalu. Hal ini diungkapkan Koordinator Satuan Pelaksana Terminal Tipe A Arjosari, Hadi Supeno, saat ditemui wartawan di Terminal Arjosari, Kota Malang.

Secara keseluruhan, peningkatan penumpang hanya terjadi di bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Sementara itu, penumpang yang menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) relatif menurun dibandingkan musim mudik Lebaran tahun lalu.

Hal ini terjadi karena masyarakat lebih memilih menggunakan kereta api yang persyaratannya tidak seketat tahun lalu. Meskipun demikian, Hadi memastikan perjalanan arus mudik dan balik di Terminal Arjosari masih teratasi dengan baik.

"Ini selama jalan mungkin ke Surabaya, ke Blitar, ke Jember, Probolinggo tidak macet, maka bus akan tersedia terus," jelas Hadi.

Di sisi lain, ia mengungkapkan, kenaikan jumlah penumpang paling tinggi di Terminal Arjosari terjadi pada Ahad (23/4/2023). Saat itu,  kenaikannya mencapai hingga 30 persen.

Trayek yang paling banyak diambil penumpang adalah Malang - Blitar dan Malang - Surabaya. Sementara itu, trayek bus lainnya masih berjalan dengan normal.

"Seperti Probolinggo, Jember itu kelihatannya ada kenaikan tetapi ternyata karena busnya mengalami keterlambatan karena macet sehingga kelihatan banyak penumpukan penumpang," ujarnya.

Menurut Hadi, penumpukan penumpang sempat terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran. Penumpukan ini dilaporkan berlangsung hingga satu jam. Namun setelah semuanya terangkut di satu atau dua bus, penumpukan itu pun sudah selesai teratasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement