Kamis 27 Apr 2023 14:14 WIB

Jumlah Penumpang Terus Menurun, Ini Kata Pihak Perusahaan Bus

Arus mudik balik tahun ini, baru dua hari bus penuh sudah selesai.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Suasana di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (27/4/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (27/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Terjadi penurunan jumlah pemudik yang menggunakan transportasi bus di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. Kondisi itu diungkapkan koordinator lapangan PO Sugeng Rahayu, Hariono, Kamis (27/4/2023).

Ia membenarkan bahwa pemudik yang menggunakan moda transportasi bus dari tahun ke tahun terus menurun. Termasuk pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Setiap tahun sejak saya bujangan sampai sekarang terus menurun, terlepas dari korona ya. Tahun lalu saja bus penuh sampai tujuh hari, kalau tahun ini baru dua hari bus penuh sudah selesai," kata dia.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Bandiyono, juga menyampaikan jumlah penumpang pada puncak arus balik menurun. Total ada 24,356 penumpang yang melakukan keberangkatan dan kedatangan, dan angka tersebut turun jika dibandingkan 2022.

"Kalau yang kami lihat di lapangan secara grafik justru turun. Tahun lalu hampir di 30 ribu," kata Bandiyono. Ia pun melihat, sejak Selasa, (28/04) hingga hari ini pergerakan arus balik mulai berangsur turun.

Terkait hal itu, pihaknya hendak memantau jumlah penumpang ini hingga 30 April. Ia menilai penurunan tersebut berdampak pada masa arus balik 2023 sehingga tak ada lonjakan signifikan.

Jumlah penumpang pun cenderung landai. "Nilainya itu memang terjadi kenaikan tetapi cenderung landai. Tidak seperti tahun lalu, ada lonjakan arus itu tinggi sekali. Sekarang hanya lima persen," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement