Jumat 28 Apr 2023 07:48 WIB

Hadir di Hanover Messe 2023, Startup Mahasiswa UB Usung Riset Perikanan

Axotic Farm merupakan hasil hilirisasi riset yang telah melewati berbagai kompetisi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023 di Jerman.
Foto: Dokumen
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023 di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang berhasil menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023. Mereka yang merupakan tim Axotic Farm ini terdiri atas Daffa Khairan, Muhammad Setiawan Gusmi, Raditya Putra Trenggono, dan Brillian Prastica.

CEO Axotic Farm, Daffa Khairan menjelaskan, timnya di Hannover Messe 2023 Axotic Farm memosisikan diri sebagai Indonesian Fish Trading. Hal ini karena mereka turut membawa berbagai komoditi perikanan Indonesia ke agenda tersebut.

Kegiatan ini diharapkan, Indonesia dapat meningkatkan peluang untuk ekspansi pasar perikanan ke Eropa. Hal ini juga sejalan dengan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk bisa ekspansi ke Benua Eropa.

"Karena berdasarkan data KKP nilai ekspor perikanan ke negara Uni Eropa senilai 357,12 juta dolar atau hanya 6,26 persen dari total keseluruhan," kata Daffa.

Axotic Farm sendiri merupakan perusahaan hasil hilirisasi riset Mahasiswa Universitas Brawijaya, yang fokus pada pengembangan produk perikanan. Salah satu pencapaiannya adalah berhasil mengembangkan sistem U-RCS (Ultra Recirculated Chiller System).

Sistem ini dapat memanipulasi parameter sehingga dapat mengembangkan berbagai komoditi dengan sistem close-loop. Menurut dia, komoditi yang menjadi fokus adalah Axolotl (Ambystoma Mexicanum) yang berhasil dikembangkan melalui sistem U-RCS.

Axolotl merupakan endemik Meksiko yang hidup pada iklim subtropis. Namun, hal tersebut kini berhasil dikembangkan dan adaptif di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Dia menilai pencapaian ini menjadi awal baru untuk ide pengembangan riset yang lebih besar. "Seperti salmon yang mungkin saja dapat dikembangkan di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Axotic Farm merupakan hasil hilirisasi riset yang telah melewati berbagai kompetisi. Bahkan, pernah mendapat medali perak pada PIMNAS XXXIV, Juara I KMI awards dan Juara I UTU Awards pada bidang perencanaan bisnis.

Hannover Messe 2023 merupakan pameran teknologi industri tahunan terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Deutsche Messe AG (DMAG) dengan menggandeng negara mitra sebagai Official Partner Country. Hannover Meese 2023 dimulai pada 17 hingga 21 April dan diikuti lebih 90 negara peserta.

Agenda ini juga dikunjungi oleh banyak pelaku bisnis dari seluruh dunia. Dalam kegiatan tersebut, kata dia, Indonesia dipercaya menjadi Official Partner Country Hannover Messe 2023. Setidaknya terdapat 13 kementerian/lembaga yang berpartisipasi di ajang itu.

Sebelumnya, Indonesia di Hannover Messe 2023 diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), dan Kanselir Jerman, Olaf Scholz, pada Senin (19/4/2023) pagi waktu Hannover, Jerman. Sebagai Official Partner Country dari perhelatan akbar industri tersebut, Indonesia menghadirkan Paviliun Indonesia di atas area mencapai 3.000 meter persegi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement