Sabtu 29 Apr 2023 17:07 WIB

Libur Lebaran, Yogyakarta Sudah Dikunjungi 200 Ribu Lebih Wisatawan

Wisatawan domestik yang berkunjung ke Yogyakarta sebanyak 213.488 orang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Warga menghabiskan sisa cuti Lebaran Idul Fitri 1444H dengan  berwisata ke Hutan Pinus Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (27/4/2023). Hutan Pinus Mangunan masih menjadi salah satu spot favorit wisata alam di Yogyakarta. Namun, pada libur Lebaran tahun ini jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul jauh dari target sebesar 250 ribu hingga 300 ribu pengunjung. Target ini dihitung selama sepuluh hari cuti mulqi 21 April hingga 1 Mei. Dengan kondisi saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul memprediksi hingga 1 Mei jumlah kunjungan hanya mencapai 175 ribu orang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga menghabiskan sisa cuti Lebaran Idul Fitri 1444H dengan berwisata ke Hutan Pinus Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (27/4/2023). Hutan Pinus Mangunan masih menjadi salah satu spot favorit wisata alam di Yogyakarta. Namun, pada libur Lebaran tahun ini jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul jauh dari target sebesar 250 ribu hingga 300 ribu pengunjung. Target ini dihitung selama sepuluh hari cuti mulqi 21 April hingga 1 Mei. Dengan kondisi saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul memprediksi hingga 1 Mei jumlah kunjungan hanya mencapai 175 ribu orang.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kota Yogyakarta dibanjiri kunjungan wisatawan selama masa libur Lebaran 2023 ini, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta menyebut lebih dari 200 ribu wisatawan yang berkunjung selama 19-25 April 2023.

"Jumlah kunjungan wisatawan sampai 25 April itu ada 218.135 wisatawan selama libur Lebaran," kata Kepala Bidang Daya Tarik Pariwisata, Dispar Kota Yogyakarta, Yurnelis Piliang di Komplek Balai Kota Yogyakarta, Jumat (28/4/2023).

Yurnelis menyebut, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta merupakan wisatawan domestik yang mencapai 213.488 orang. Sedangkan, selebihnya merupakan wisatawan mancanegara.

"Wisatawan mancanegara tercatat sebanyak 4.651 orang," ujarnya.

 

Meski begitu, Dispar Kota Yogyakarta masih terus melakukan penghitungan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ini. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta ini sebagian besarnya ke kawasan Malioboro. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho mengatakan, pada saat libur Lebaran kawasan Malioboro mengalami lonjakan volume kendaraan di waktu tertentu.

"Khususnya pada siang dan menjelang sore hari. Tercatat sebanyak 1.500 kendaraan bermotor per jamnya masuk di kawasan Malioboro," kata Agus.

Pihaknya mencatat selama libur Lebaran 2023 ini, setidaknya ada dua juta kendaraan bermotor yang masuk ke Kota Yogyakarta. Meski begitu, angka tersebut diperkirakan dapat terus bertambah, mengingat arus balik Lebaran diperkirakan masih akan berlangsung hingga awal Mei 2023.

"Angka ini masih terhitung dinamis. Ini juga bisa bertambah karena arus balik Lebaran 2023 masih berlangsung hingga awal Mei 2023," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement