Jumat 12 May 2023 19:47 WIB

Kawasan Wisata Kaliurang Tambah Sarana Atraksi Baru

Kinerja kepariwisataan di Kabupaten Sleman dinilai sudah cukup baik.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Wisatawan berfoto sebelum berkeliling dengan jip wisata di Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Wisatawan berfoto sebelum berkeliling dengan jip wisata di Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menyerahkan dukungan sarana atraksi baru di kawasan wisata Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Dukungan sarana atraksi tersebut berupa penambahan empat set peralatan olahraga luar ruang yang akan ditempatkan di kawasan Gardu Pandang Kaliurang dan tiga unit bebek air beserta alat pengaman berupa pelampung yang akan ditempatkan di embung Tlogoputri Kaliurang.

Dukungan sarana atraksi tersebut diserahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf Frans Teguh dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, di Kawasan Wisata Gardu Pandang Kaliurang.

Frans mengatakan dukungan sarana atraksi pariwisata yang diberikan oleh Kemenparekraf di destinasi wisata Kaliurang merupakan komitmen yang tinggi dari pemerintah pusat kepada daerah. 

Menurutnya kinerja kepariwisataan di Kabupaten Sleman saat ini dinilai sudah cukup baik, namun perlu terus diupayakan peningkatan dan pengembangan kualitas destinasi sehingga dapat meningkatkan pengalaman dan kenyamanan bagi wisatawan yang menumbuhkan kebahagiaan dan keseimbangan. 

Frans Teguh juga berharap Pemkab Sleman  selalu berinovasi dan berkompetisi secara positif dengan menawarkan keunikan yang akan menarik lebih banyak wisatawan untuk datang secara berulang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah memberikan dukungan sarana atraksi di kawasan wisata Kaliurang. Harapannya destinasi wisata Kaliurang kedepan akan semakin banyak diminati oleh wisatawan, dikarenakan semakin banyak alternatif dan sarana pendukung pariwisata yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. 

"Selain Kaliurang memiliki peninggalan kesejarahan yang tinggi berupa cagar-cagar budaya jaman Belanda, pada saat ini juga sudah banyak tumbuh destinasi pendukung lainnya yang dikembangkan oleh pihak swasta maupun oleh masyarakat berdasar pengembangan pariwisata berbasis komunitas sepertinya Suraloka Zoo, Kaliurang Park, Tankaman Natural Park, dan Nawang Jagad, dll," kata Ishadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/5/2023).

Ishadi juga berharap agar sinergitas dan kolaborasi antara stakeholder pariwisata dan semua lapisan masyarakat khususnya di kawasan Kaliurang agar lebih ditingkatkan lagi dalam upaya menciptakan kualitas destinasi yang unggul. Acara serah terima dukungan sarana atraksi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut juga dimeriahkan dengan atraksi pembuka berupa kesenian jathilan dari Sanggar Waskita Budaya yang menampilkan fragmen dengan judul Satyatama. 

Selain itu acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan musik keroncong dari Java Swara Entertainment pimpinan Eva Java Swara dari Umbulmartani Ngemplak Sleman. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Oneng Setya Harini,  dan Lurah Hargobinangun Amin Sarjito. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement