Ahad 14 May 2023 11:18 WIB

Cerita di Balik Pelatih Atlet Disabilitas Terjun Jadi Bacaleg Muda Solo

Gibran menilai bacaleg muda memiliki beragam inovasi-pemikiran untuk memajukan Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Logo PDIP (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Logo PDIP (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kevin Fabiano menjadi calon bacaleg termuda di PDIP yang telah mendaftarkan diri ke KPU Jumat (11/5/2023) lalu. Meski selama ini aktif di dunia olahraga disabilitas hal tersebut, tak menyurutkan niatnya menyuarakan aspirasinya dengan metode anyar lewat politik. 

Kevin memulai kariernya di dunia olahraga sebagai Asisten Pelatih Atletik Kontingen Indonesia-ASEAN Para Games (APG) Myanmar pada 2013 lalu. Selanjutnya ia juga pernah menjadi Runner Guide Atletik Kontingen Indonesia APG Singapore Tahun 2015. 

Baca Juga

Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Solo juga pernah menjadi Pelatih Atletik NPCI Jawa Barat-PEPARNAS XV Jawa Barat Tahun 2016, Runner Guide Atletik Kontingen Indonesia APG Malaysia 2017, Pelatih Atletik Kontingen Indonesia Asian Para Games Indonesia 2018, Pelatih Atletik Kontingen Indonesia, ASEAN Para Games Filipina 2020 dan Kepala Pelatih Atletik NPCI Jawa Barat pada PEPARNAS XVI Papa lalu.

Tak tanggung-tanggung, ia juga pernah ikut ambil bagian di kejuaraan dunia atletik Beijing pada 2018 lalu. Berbekal pengalamannya ia ingin membawa semangat gotong royong dan merangkul semua lapisan masyarakat untuk terus bersama membangun Kota Solo. 

"Saya bersyukur diberi amanah dari Ketua DPC PDIP Solo (FX Hadi Rudyatmo) untuk maju mengikuti kontestasi politik tahun depan," kata Kevin, Ahad (14/5/2023). 

Kevin menceritakan semangat tersebut didapatkannya ketika melatih atlet para di APG. Di mana ada masyarakat awam yang menghina seorang atlet disabilitas dan berkeluh kesah padanya. 

"Besoknya saya cari orang itu, saya kasih tahu kalau orang yang dicelanya itu adalah atlet nasional. Saya kasih lihat foto-fotonya. Langsung orang itu kaget. Kita harus edukasi karena banyak yang tidak tahu tentang disabilitas," kata Kevin. 

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menilai bacaleg muda memiliki beragam inovasi dan pemikiran untuk memajukan Kota Solo. Para pemuda ini bisa terus berkreatif demi kemajuan Solo.

"Ya, kan ada banyak bacaleg muda seperti Mas Kevin (Fabiano). Mereka pasti punya banyak inovasi bagaimana membawa Solo semakin maju. Saya mengapresiasi itu," ujar Gibran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement