Selasa 16 May 2023 16:54 WIB

Gara-Gara tak Mau Dicerai, Seorang Istri Potong 'Burung' Suami Pakai Cutter

Aksi pemotongan alat kelamin korban terjadi di sebuah hotel di Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi alat kelamin dipotong. Seorang istri potong alat kelamin suami gara-gara enggan dicerai.
Foto: IST/ Republika
Ilustrasi alat kelamin dipotong. Seorang istri potong alat kelamin suami gara-gara enggan dicerai.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Seorang istri tega memotong alat kelamin suaminya gara-gara enggan dicerai. Pelaku adalah YC (34), warga Lumajang, Jawa Timur, sedangkan korban IPN (20) warga Malaya, Bali.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi mengungkapkan, kejadian tersebut berlangsung pada Selasa (16/05/2023) sekira pukul 04.30 WIB. Aksi nekat YC memotong "burung" suaminya terjadi di sebuah hotel wilayah Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah.

Iwan menjelaskan, pelaku pertama kali bertemu korban di Denpasar, Bali, pada September 2022. Saat itu pelaku menyewa sepeda motor pelaku. "Kemudian antara mereka berdua ada rasa saling suka dan akhirnya korban dan pelaku menikah dengan adat Bali," kata Iwan melalui keterangan tertulis, Selasa (16/5/2023).

Pada April 2023, IPN alias korban mendapatkan informasi dari tetangganya di Bali jika sebenarnya orang tua kandungnya berada di Solo. Orang tua IPN di Bali adalah orang tua angkat. IPN pun mengajak istrinya YC mencari orang tua kandungnya yang diketahui tinggal di Telukan, Grogol, Sukoharjo.

IPN dan YC berangkat ke Sukoharjo pada Senin (15/5/2023) sekitar pukul 10.00 WITA. Namun, setelah IPN bertemu dengan orang tua kandungnya, sifat IPN kepada istrinya YC berubah. Bahkan, IPN tiba-tiba menjatuhkan talak alias menceraikan istrinya YC karena alasan membuat orang tua kandung korban histeris menangis.

"Mengetahui hal tersebut, pelaku merasa bingung," kata Iwan. YC yang kebingungan diminta pulang ke Denpasar pada hari yang sama, Senin, 15 Mei 2023. YC kemudian diantar IPN dan tantenya ke Terminal Tirtonadi. Saat di terminal, sebelum naik bus, YC sempat membeli pisau cutter dengan alasan untuk mengupas buah.

Namun, saat di perjalanan YC menghubungi IPN dengan alasan meminta rujuk. Keduanya pun sepakat bertemu di sebuah hotel pada Senin siang sekitar pukul 12.00 WIB. YC check in lebih dulu di sebuah hotel di wilayah Jebres Kota Solo, sementara IPN menyusul ke hotel pada Selasa (16/5/2023) sekitar pukul 01.00 WIB.

Saat IPN tidur, YC melakukan aksinya. YC memegang alat kelamin IPN lalu memotongnya dengan pisau cutter yang dibelinya di Terminal Tirtonadi. "Saat korban tertidur pulas sekitar pukul 04.30 WIB, pelaku langsung mengambil pisau cutter dan langsung memegang kemaluan korban dan memotongnya," ujar Iwan.

Mengetahui alat kelaminnya terpotong, IPN panik dan langsung menghubungi resepsionis hotel untuk mencarikan ambulas. Dia pun dilarikan ke ke Rumah Sakit Dr. Moewardi. Tak lama setelah itu pelaku diamankan ke Polsek Jebres, Solo.

"Untuk saat ini pelaku berikut barang bukti sudah diserahkan ke Satreskrim Polresta Surakarta untuk dilakukan proses sesuai prosedur selanjutnya," kata Iwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement