Senin 22 May 2023 16:59 WIB

Ratusan Personel Polisi RW Mulai Disebar di Kota Malang

Polisi RW ini tidak akan menggantikan peran dari Bhabinkamtibmas.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Sebanyak 558 personel Polresta Malang Kota resmi mengemban tugas sebagai Polisi RW.
Foto: Dokumen
Sebanyak 558 personel Polresta Malang Kota resmi mengemban tugas sebagai Polisi RW.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebanyak 558 personel Polresta Malang Kota resmi mengemban tugas sebagai Polisi RW. Mereka pun siap disebar di berbagai RW untuk menjaga kamtibmas.

Kapolresta Malang Kota (Makota), Kombes Pol Budi Hermanto mengungkapkan, penempatan personel sebenarnya bertujuan dalam rangka menjalankan tugas. "Yakni melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat," kata pria disapa Buher ini di Kota Malang, Senin (21/5/2023).

Buher tidak menampik selama ini terdapat anggota kepolisian yang ditugaskan pada tingkat desa atau kelurahan yang sering dikenal sebagai Bhabinkamtibmas. Namun kali ini tugas mereka disokong oleh anggota polisi hingga tingkat lingkungan RW yang dikenal dengan Polisi RW.

Lebih lanjut ia memastikan Polisi RW ini tidak akan menggantikan peran dari Bhabinkamtibmas. Pasalnya, mereka dibentuk untuk memperkuat peran Bhabinkamtibmas

Menurut dia, tugasnya kurang lebih sama di antara keduanya. Bhabinkamtibmas sendiri bertugas di tingkat Kelurahan sedangkan Polisi RW lebih menyasar ke tingkat terbawah. "Yaitu lebih banyak untuk diperbantukan di setiap RW," jelasnya.

Adapun tugas utama dari Polisi RW adalah untuk memberikan deteksi dini terhadap persoalan atau permasalahan Kamtibmas yang ada di wilayah masing-masing. Beberapa tugas yang bisa dilakukan oleh Polisi RW yaitu mendata atau menginventarisir apa saja persoalan yang ada di wilayah binaannya.

Kemudian para Polisi RW harus mendengarkan persoalan dari warganya dan mencarikan solusi yang kalau bisa tanpa harus melanjutkan ke ranah hukum. Ditambahkan, pihaknya akan menggandeng akademisi serta tokoh masyarakat untuk mengevaluasi tugas dan kinerja para personel Polisi RW.

Selain itu dia juga berharap masing-masing Polisi RW nantinya dapat menjadi problem solver bagi lingkungannya. Dengan demikian, dapat tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement