Selasa 30 May 2023 05:36 WIB

Jangkau Daerah, RS Mata Dr Yap Bakal Buka Cabang di Wonosari

RS Mata Dr YAP Yogyakarta memperingati HUT ke-100.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Peringatan HUT ke-100 Rumah Sakit Mata Dr YAP, Yogyakarta.
Foto: Febrianto Adi Saputro
Peringatan HUT ke-100 Rumah Sakit Mata Dr YAP, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Sakit Mata Dr YAP Yogyakarta memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100, Senin (29/5/2023). Direktur Utama RS Mata Dr YAP, Alida Lienawati, mengatakan peringatan HUT RS Mata Dr YAP tahun ini  mengusung tema 'Sinergi Menuju Global'.

"Kami menyadari dunia semakin berkembang pesat. Seolah-olah kita berlomba dengan canggihnya perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran. Sehingga dengan usia yang sudah 100 tahun ini kami ingin lebih mempererat hubungan sinergitas dengan seluruh komponen rumah sakit, agar RS ini semakin kokoh berdiri, semakin berkembang, semakin maju, semakin bermanfaat bagi masyarakat luas baik dalam dunia kesehatan mata, pendidikan, dan penelitian," kata Alida dalam sambutannya.

Ia mengatakan RS Mata Dr YAP saat ini terus berkembang. Selain memiliki cabang klinik utama mata Dr YAP di Magelang yang tahun ini berusia dua tahun, rencananya RS Mata Dr YAP akan kembali membuka cabangnya di Wonosari.

"Saat ini kami bersama-sama pemilik Yayasan Dr YAP Prawirohusodo akan segera berproses untuk membuka cabang mendekatkan diri untuk pelayanan mata di Wonosari serta daerah-daerah lain yang memang membutuhkan pelayanan mata langsung," ujarnya.

Alida juga memohon doa restu agar yang telah direncanakan di dalam rencana strategis (renstra) RS Mata Dr YAP bisa lancar dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat, masyarakat khususnya di bidang kesehatan mata. Pada peringatan HUT ke-100 RS Mata Dr YAP kali ini juga dilakukan peletakan batu pertama proses pembangunan high care unit dan renovasi Lasik.

"Hal ini sebagai bukti atas komitmen kami untuk terus mengembangkan pelayanan dan memenuhi standar regulasi pemerintah terkait sarana prasarana rumah sakit untuk pelayanan," ungkapnya.

Pada perayaan HUT ke-100 RS Mata Dr YAP juga dilakukan pemutaran video sejarah berdirinya RS Mata Dr YAP. Selain itu juga akan diterbitkan buku sejarah 100 tahun RS Mata Dr YAP, dan buku biografi DR YAP Hong Tjoen.

"Pengabdian tanpa titik akhir, judul ini merupakan gagasan langsung dari Ketua Umum Yayasan Dr YAP Prawirohusodo GBPH Prabukusumo,"  katanya.

Ketua Umum Yayasan Dr YAP Prawirohusodo, GBPH Prabukusumo, berharap RS Mata Dr YAP terus berperan aktif dan berkontribusi untuk kesehatan masyarakat. Ia mengaku bersyukur selama 26 tahun menjabat sebagai ketua umum Yayasan Dr YAP Prawirohusodo RS Mata Dr YAP mengalami perkembangan signifikan.

"RS Mata Dr YAP ini didirikan semata untuk melayani masyarakat," kata dia. Ketua Pembina Dr YAP, GPH Indrokusumo dan Ketua Umum Yayasan Dr YAP Prawirohusodo GBPH Prabukusumo hadir dalam peringatan Satu Abad RS Mata Dr YAP. Keduanya juga turut melakukan peletakan batu pertama pembangunan High Care Unit RS Mata Dr YAP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement