Kamis 01 Jun 2023 08:04 WIB

Aprindo Sebut 60 Persen Masyarakat Kembali Belanja Luring, Rambla Diluncurkan

Tiga hal penting membedakan Rambla Super Department Store dengan kompetitornya.

Peluncuran fitur dan layanan lengkap dari Rambla Super Department Store di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Foto: dokpri
Peluncuran fitur dan layanan lengkap dari Rambla Super Department Store di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren belanja daring di seluruh dunia menjadi sangat populer pada era pandemi, tanpa terkecuali di Indonesia. Kala itu, selain aspek kenyamanan, masyarakat menilai metode ini merupakan cara belanja teraman. 

Namun, seiring dengan berakhirnya Covid-19 sebagai darurat kesehatan global yang diumumkan WHO, masyarakat mulai percaya diri untuk kembali berinteraksi secara fisik dan tren belanja luring pun kembali meningkat sebagai kebiasaan banyak pelanggan.

Hal ini diperkuat dengan data dari Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) 2022 yang menyebutkan bahwa 60 persen masyarakat sudah mulai berbelanja secara luring, baik ke pasar modern maupun tradisional. Sementara itu, 25 persen memilih untuk tetap berbelanja secara online, dan sisanya, 15 persen masyarakat memilih hibrida.

Kondisi ini menggambarkan bahwa kini, masyarakat memiliki pilihan dalam berbelanja, baik daring maupu luring, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. "Konsumen sesungguhnya tidak mempersoalkan offline atau online, mereka akan berbelanja di tempat yang nyaman, aman, menyenangkan dan menguntungkan bagi mereka, " ujar Direktur Utama PT Star Maju Sentosa Herman Nagaria saat peluncuran fitur dan layanan lengkap dari Rambla Super Department Store.

Dengan pemahaman inilah Rambla Super Department Store diluncurkan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan aman bagi masyarakat, apa pun metode belanja yang dipilih. Hadir di Summarecon Mall Kelapa Gading, Rambla Super Department Store berlokasi di Mall Kelapa Gading 1, lantai 1 dan 2 dengan menempati lahan seluas 10.000 meter persegi.

Lebih lanjut, Herman menambahkan paling tidak ada tiga hal penting yang membedakan Rambla Super Department Store ini dari kompetitornya. "Pertama, kami menghadirkan range produk yang luas. Konsumen tidak hanya dapat berbelanja aneka pakaian wanita, pria dan anak tetapi juga beragam pilihan produk makanan dan minuman, serta kebutuhan rumah tangga sehari-hari dalam kategori groceries kami," katanya.

Herman pun menambahkan di dalam Rambla Super Department Store, tersedia juga area kategori eksklusif dalam naungan brand, seperti Rambla Coffee Corner yang menyediakan produk biji kopi dari 46 varian single origin kopi Nusantara yang akan memanjakan para penggemar kopi. Di kategori confectionery, ada Rambla Candy Treats yang menyediakan aneka produk permen hingga cokelat premium. Selain itu, Rambla juga mempunyai sub-brand Bunny&Klin yang menjual produk koleksi unik dari aksesoris fashion, mainan hingga pernak-pernik home & living yang hanya ada di Rambla.

"Kedua, kami menawarkan fleksibilitas cara belanja. Konsumen tidak perlu bingung memilih antara belanja online maupun offline. Mereka bisa datang ke toko untuk melihat produk terlebih dahulu, dan bisa memesannya secara online, melalui Rambla Application Store, atau sebaliknya, bila ada kekhawatiran akan kehabisan produk yang diminati, “ ujarnya.

Terakhir, Herman menambahkan aspek penting ketiga dari Rambla Super Department Store, yaitu jaminan kepuasan bagi para member setia. "Melalui fitur jaminan kepuasan di Rambla, kami memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk pengembalian, penukaran barang yang telah dibeli, termasuk juga pengembalian uang, bila mereka merasa ada ketidaksesuaian dengan barang yang telah dibeli," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement