Jumat 02 Jun 2023 06:21 WIB

Libur Panjang Akhir Pekan, Gunungkidul Targetkan Kunjungan 54.438 Wisatawan

Mayoritas wisatawan yang masuk ke Gunungkidul berkunjung ke pantai.

Wisatawan menghabiskan sore hari di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan menghabiskan sore hari di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI -- Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan 54.438 wisatawan selama libur panjang, 1-4 Juni 2023, dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp 407 juta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, selama libur panjang ini, ada potensi lonjakan kunjungan wisata. "Pada libur panjang ini, kami targetkan sebanyak 54.438 wisatawan," kata Harry Sukmono.

Ia mengatakan dari total target kunjungan tersebut, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) diproyeksikan sebesar Rp 407,7 juta. PAD ini berasal dari retribusi wisata.

Harry mengatakan ada persiapan khusus yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisata. Persiapan melibatkan berbagai unsur seperti Polri, TNI, SAR, Dinas Perhubungan, hingga Satpol-PP.

 

"Untuk mengantisipasi kemacetan di tempat pemungutan retribusi, kami menerjunkan 75 personel untuk pengamanan selama libur panjang," jelasnya.

Harry Sukmono mengatakan mayoritas wisatawan yang masuk ke Gunungkidul berkunjung ke pantai. Pantai di Gunungkidul panjangnya lebih dari 70 kilometer yang membentang dari timur sampai barat.

Wisatawan banyak pilihan untuk menikmati suasana pantai yang sesuai dengan yang diinginkan. "Mayoritas wisatawan liburan ke pantai, sekitar 90 persen," ungkap dia.

Koordinator TPR Baron Sumarja mengatakan ada peningkatan kunjungan kemarin namun belum signifikan. "Kalau dibandingkan hari biasa jelas lebih ramai, tapi ini kondisinya masih wajar," katanya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement