Jumat 02 Jun 2023 07:56 WIB

Kemarau Diprediksi Lebih Kering, BMKG DIY Imbau Warga Hemat Air Bersih

Puncak musim kemarau di 2023 diperkirakan terjadi pada Agustus.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kemarau. Ilustrasi
Foto: antara
Kemarau. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Seluruh wilayah di DIY telah memasuki musim kemarau pada dasarian III Mei 2023. Musim kemarau ini diperkirakan akan terjadi hingga dasarian III Oktober 2023 nanti.

Kepala Stasiun Klimatologi DIY, Reni Kraningtyas mengatakan, sebagian wilayah di DIY akan mengalami puncak musim kemarau lebih awal, yakni pada Juni 2023.

"(Puncak musim kemarau di) Wilayah Kabupaten Kulonprogo bagian timur, Kabupaten Sleman bagian barat daya, dan Kabupaten Bantul bagian barat laut pada Juli 2023," kata Reni.

Adapun puncak musim kemarau di 2023 akan terjadi pada Agustus. Meski begitu, puncak musim kemarau ini tidak terjadi di seluruh wilayah di DIY.

BMKG juga memprakirakan kemarau di 2023 ini diprediksi akan lebih kering dibanding tahun sebelumnya. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat maupun pemerintah diimbau untuk lebih siap dan antisipatif terhadap dampak musim kemarau.

"Untuk daerah-daerah dengan peluang terjadinya curah hujan rendah, perlu melakukan langkah antisipasi memilih budi daya pertanian yang tidak membutuhkan banyak air, waspada kebakaran hutan, lahan dan semak serta menghemat penggunaan air bersih," kata dia.

Pihaknya juga sudah mengeluarkan peringatan dini terkait kekeringan meteorologis, Rabu (31/5/2023). Untuk itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai kekeringan meteorologis ini.

Kekeringan meteorologi sendiri merupakan kekeringan yang disebabkan karena kurangnya curah hujan atau berada di kondisi bawah normal. Hal ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Peringatan dini kekeringan meteorologis adalah berkurangnya curah hujan dari keadaan normalnya dalam jangka waktu yang panjang dengan kurun waktu bulanan, dua bulanan, dan seterusnya," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement