Selasa 06 Jun 2023 21:03 WIB

Khofifah: Jatim Surplus 946 Ribu Ekor Sapi Potong

Proyeksi kebutuhan hewan kurban Jatim sebanyak 483.859 ekor.

Pekerja memberi pakan sapi di tempat penggemukan sapi di Desa Sukoanyar, Kediri, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani/YU
Pekerja memberi pakan sapi di tempat penggemukan sapi di Desa Sukoanyar, Kediri, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan hewan ternak untuk kurban di wilayah provinsi setempat dalam kondisi surplus.

"Saat ini ketersediaan sapi potong di Jatim tercatat 1.003.700 ekor. Jumlah itu jauh melebihi proyeksi kebutuhan hewan kurban sapi untuk 2023 yang terdata sebanyak 56.851 ekor. Sehingga Jatim mengalami surplus sapi potong sebesar 946.849 ekor," katanya,  Selasa (6/6/2023).

 

Sedangkan untuk kambing, total ketersediaannya di Jatim mencapai 729.600 ekor, melebihi jumlah kebutuhan hewan kurban yang terdata 211.951 ekor, sehingga surplus sebanyak 517.469 ekor.

Pun begitu dengan domba yang ketersediaan di Jatim sebesar 277.000 ekor. Sedangkan kebutuhan untuk kurban sebesar 35.291 ekor sehingga surplus 241.709 ekor.

Sedangkan untuk hewan kurban ternak kerbau ketersediaannya sebesar 4.250 ekor dengan kebutuhan sebesar 13 ekor sehingga surplus 4.237 ekor.

"Untuk Idul Adha tahun ini proyeksi kebutuhan hewan kurban Jatim sebanyak 483.859 ekor. Alhamdulillah, di Jatim semua dalam kondisi cukup. Bahkan surplus untuk sapi, kambing, domba, maupun kerbau," ujarnya.

Melihat kondisi hewan ternak yang surplus, Khofifah mengajak kepada provinsi dan daerah lain untuk membeli maupun mengakses dari Jatim yang terbukti sehat dan baik, serta sudah divaksin penyakit mulut dan kuku maupun lumpy skin disease (LSD).

 

Terlebih, selama tiga bulan terakhir kasus PMK di Jatim sudah dinyatakan zero atau nol. Tadi pagi, gubernur meninjau kondisi kesehatan hewan ternak dengan mengunjungi kandang milik H Juri di  Dusun Pilanggot, Desa Wonokromo, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan. Di kandang itu terdapat sebanyak 173 ekor sapi jenis limousine dan simental.

"Kunjungan ini untuk memastikan bahwa semua hewan kurban di sini sudah mendapatkan vaksin PMK  maupun LSD sehingga yang dijual kepada masyarakat dalam kondisi sehat dan baik serta  layak konsumsi," katanya.

Khofifah juga menjamin penyakit LSD pada hewan ternak di wilayah Jatim sekarang juga sedang gencar dilakukan vaksinasi. "Ini menjadi bagian penting untuk  memastikan bahwa hewan kurban sapi, kambing, domba maupun kerbau di Jatim dalam keadaan sehat dan baik, serta layak dikonsumsi," tegas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement