Rabu 07 Jun 2023 08:09 WIB

Kemarau Tiga Bulan ke Depan Harus Diwaspadai, BNPB Jelaskan Sebabnya

Musim kemarau pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Musim kemarau (ilustrasi).
Foto: Antara/Arief Priyono
Musim kemarau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mewaspadai musim kemarau pada tiga bulan mendatang, yakni Juni, Juli, dan Agustus yang diprakirakan menuju puncak musim kering 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Kebencanaan BNBP, Abdul Muhari, mengatakan bencana hidrometeorologi kering sudah mendominasi meski jumlahnya masih fluktuatif.

Tercatat hingga Senin (5/6), Indonesia telah dilanda sekitar 1.300 kejadian bencana dan titik panas atau hotspot muncul dari daerah-daerah yang terdapat kejadian paling banyak di Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

Namun, Abdul menjelaskan musim kemarau pada tahun ini berbeda sebab dalam tiga tahun terakhir Indonesia pada periode basah yang dipengaruhi La Nina pembawa awan hujan.

Sehingga rata-rata di setiap bulan Indonesia tidak pernah benar-benar mengalami kekeringan atau suhu yang relatif tinggi. Kebakaran hutan pun relatif, kalaupun terjadi itu akan cepat padam, karena faktor alam mendukung untuk percepatan pemadaman api.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement