Sabtu 10 Jun 2023 17:02 WIB

Peraih Medali SEA Games dari Surabaya Peroleh Rp 1,2 Miliar

Terdapat 32 pahlawan olahraga yang mendapatkan bonus.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi cabor voli putri di SEA Games 2023.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi cabor voli putri di SEA Games 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya memberikan apresiasi berupa bonus dengan nilai mencapai Rp 1,2 miliar untuk atlet dan pelatih asal Kota Pahlawan yang berhasil meraih medali pada ajang SEA Games 2023 Kamboja. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, ada 32 pahlawan olahraga yang mendapatkan bonus, terdiri dari 26 atlet dan enam pelatih.

Eri menegaskan, seluruh peraih medali, baik emas, perak, maupun perunggu tetap diberikan bonus. Meskipun, jumlah yang diterima berbeda antara peraih emas, perak, dan perunggu, termasuk yang perorangan maupun yang peregu.

"Ini adalah bentuk apresiasi Pemkot Surabaya kepada atlet Kota Surabaya yang berhasil membawa nama Kota Surabaya, mengharumkan nama Kota Surabaya yang terus bergerak menjadi lebih harum kembali," kata Eri, Sabtu (10/6/2023).

Eri pun berpesan kepada seluruh atlet untuk terus meningkatkan kemampuannya supaya bisa terus berprestasi. Eri berharap bisa mengembalikan Surabaya sebagai kota olahraga. Eri bahkan mengakui telah meminta Kepala Disbudporapar (Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Disbudporapar) Surabaya untuk menyiapkan tempat latihan bagi semua cabang olahraga.

"Nah, untuk di tahun 2023 ini ketika belum tersedia tempat latihannya, maka pemkot akan menyediakan tempat-tempat pemusatan latihan. Semoga dengan cara seperti ini Puslatcab bisa berjalan lebih baik dan atlet-atlet Surabaya bisa semakin berprestasi," ujarnya.

Eri juga meminta Kepala Disbudporapar untuk mengabadikan nama-nama atlet berprestasi itu di Museum Olahraga milik Pemkot Surabaya. Eri meminta disediakan satu ruangan di Museum Olahraga yang akan mencatat nama-nama atlet yang berprestasi di tingkat internasional, nasional, dan juga provinsi.

"Ini penting supaya adik-adik kita bisa mencontoh dan memiliki semangat yang sama dengan kakak-kakaknya untuk memberikan yang terbaik bagi Surabaya dan bisa mengharumkan nama Kota Surabaya. Karena saya yakin sejatinya dengan budaya Arek, Kota Surabaya seperti inilah hasilnya," kata dia.

Ketua Umum KONI Surabaya, Hoslih Abdullah mengatakan, bonus apresiasi bagi para atlet dan pelatih dari Pemkot Surabaya ini sangat luar biasa. Ia bahkan menyebut, bonus apresiasi yang diberikan kepada para atlet itu lebih besar dibanding dengan daerah-daerah lainnya.

"Tentu ini akan semakin memompa semangat para atlet untuk terus meraih prestasi ke depannya," kata Hoslih.

Rivan Nurmulki, atlet voli yang membawa timnas voli putra meraih emas di SEA Games Kamboja menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkot Surabaya yang telah memberikan apresiasi berupa bonus. Apresiasi tersebut diakuinya akan menambah semangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

"Pastinya akan terus berlomba-lomba dalam meraih prestasi ke depannya," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement