Selasa 13 Jun 2023 16:57 WIB

Persis Solo akan Gaet Satu Pemain Asing Lagi

Tambahan kuota pemain asing di Liga 1 musim 2023/2024 adalah aspirasi dari klub.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Pemain Persis Solo melakukan selebrasi (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemain Persis Solo melakukan selebrasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo masih akan mencari satu lagi pemain asing untuk melengkapi skuad dalam mengarungi Liga 1 musim 2023/2023 mendatang. 

"(Pemain Asing?) Nanti ada lagi," kata Media Officer Persis Solo Bryan Barcelona ketika ditemui di balai kota Solo, Selasa (13/6/2023).  

Seperti diketahui, hingga kini telah ada beberapa nama pemain asing yang resmi menandatangani kontrak dengan Persis. Dia ntaranya adalah Fernando Rodriguez, Alexis Messidoro, dan Jaimerson Xavier.

Selain itu, musim ini Persis Solo juga sudah mendatangkan tiga pemain anyar di mana dua di antaranya adalah pemain asing, yakni Moussa Sidibé, Diego Bardanca serta bintang muda asal Indonesia, Ramadhan Sananta. 

Sesuai dengan aturan terbaru dari Asian Football Confederation (AFC) yang disampaikan melalui PSSI bahwasanya seluruh klub Liga 1 akan menerapkan kuota pemain asing dengan format 5+1. Perinciannya adalah lima pemain asing bebas dan satu pemain dari Asia Tenggara  (ASEAN).

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali mengungkapkan tambahan kuota pemain asing di Liga 1 musim 2023/2024 adalah aspirasi dari klub. Menurut dia, PSSI juga menilai tambahan pemain asing dapat meningkatkan kualitas kompetisi yang muaranya adalah kemajuan timnas Indonesia. 

Kuota terbaru pemain asing adalah enam orang dengan perincian lima bebas dan satu dari Asia Tenggara. Adapun salah satu alasan mewajibkan satu pemain dari ASEAN, Zainudin mengungkapkan hal itu dilakukan untuk menjangkau penonton-penonton dari Asia Tenggara. 

"Sekarang ini pemain asing diwajibkan satu dari Asia tenggara supaya masyarakat Asia tenggara juga bisa menonton liga kita," kata Zainudin kepada wartawan, Rabu (31/5/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement