Selasa 20 Jun 2023 12:29 WIB

Program Sarapan Bersama Mahasiswa Perkuat Program Green Campus UMY

Bungkus makanan yang digunakan adalah daun pisang yang dapat didaur ulang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Mahasiswa UMY mengikuti program SERASA MASA (Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa) yang bertempat di Cafetaria Muda Mendunia.
Foto: Dokumen
Mahasiswa UMY mengikuti program SERASA MASA (Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa) yang bertempat di Cafetaria Muda Mendunia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan SERASA MASA (Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa) yang bertempat di Cafetaria Muda Mendunia pada Selasa (20/6/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Green Campus dan mendorong gaya hidup eco friendly pada mahasiswa.

Dalam penyediaan sarapan, makanan dibungkus dengan daun pisang yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos oleh mahasiswa.

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini untuk mendukung kampanye ramah lingkungan dan menggalakkan program Green Campus UMY yang sudah berjalan sejak lama.

"Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan untuk kembali ke alam. Ini menjadi sarana bagi kita untuk melakukan sosialisasi tentang aspek-aspek green campus," kata Gunawan.

Bungkus makanan yang digunakan adalah daun pisang yang dapat didaur ulang. Nantinya, sampah-sampah organik dari bungkus makanan tersebut akan didaur ulang oleh mahasiswa pertanian yang nantinya digunakan untuk tumbuhan dan tanaman di UMY.

Kegiatan ini menunjukkan bahwa UMY berkomitmen dalam mendukung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan juga dapat menciptakan hubungan dan karakter yang baik antara dosen dan mahasiswa. Makanya ke depannya, Serasa Masa juga akan dihadiri oleh dosen-dosen UMY.

"Kehadiran dosen diharapkan dapat membentuk karakter dan hubungan yang baik antara dosen dan mahasiswa, sehingga terjadi interaksi bersama yang bermanfaat di luar jam kelas. Karena karakter memiliki peranan yang besar dalam perkembangan karir seseorang ke depannya,” jelasnya.

Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), Dr Rifki Febriansyah menambahkan, Program Serasa Masa dapat diikuti dengan mengisi Google Form yang disebar di akun Instagram @umyogya dan @lpka_umy.

Awalnya Serasa Masa menyiapkan 350 porsi sarapan untuk dibagikan kepada mahasiswa, yang terlihat memiliki antusiasme yang tinggi terhadap program baru ini.

“LPKA semula hanya menyediakan 350 porsi. Tapi baru dibuka 12 jam yang mengisi form hampir 800 mahasiswa. Akhirnya porsinya ditambah jadi 800 porsi untuk mahasiswa," tambahnya lagi.

Program Serasa Masa ini akan berkelanjutan, dengan diadakan pada Selasa setiap pekan. Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini ke depannya juga akan tetap melakukan pendaftaran melalui link Google Form yang telah disediakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement