Senin 11 Sep 2023 19:47 WIB

58 Mahasiswa UMY Terjerat Pinjol, Rektor: Buat Gaya Hidup, Bukan Bayar Kuliah

Diyakini jumlah mahasiswa yang terjerat pinjol ada lebih banyak.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor UMY Prof Gunawan Budiyanto.
Foto: Republika/ Wihdan
Rektor UMY Prof Gunawan Budiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Terungkap sebanyak 58 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terjerat pinjaman online (pinjol). Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor UMY Prof Gunawan Budianto saat ditemui di UMY, Senin (11/9/2023).

Diungkapkan rektor, modus pinjol itu rupanya ditawarkan langsung ke kos-kosan mahasiswa. Menurut Prof Gunawan, maraknya pinjol ilegal membuat pihak kampus khawatir bahwa banyak mahasiswa yang terjebak.

"Kita belum survei secara detail, baru survei acak saat registrasi 58 mahasiswa terperangkap pinjol," ungkapnya.

Ia memaparkan, dari survei secara acak yang dilakukan kepada mahasiswa, mayoritas ikut pinjol karena gaya hidup mereka, seperti untuk nongkrong hingga beli motor baru. Bahkan, dari banyak mahasiswa yang ditanya, hampir tidak ada yang menggunakan pinjol untuk membayar kuliah.

Selain itu, mereka mengetahui tentang pinjol bukan hanya lewat aplikasi, tapi karena ditawarkan langsung ke mereka. Bahkan, hingga ada yang datang langsung ke kos-kosan mahasiswa.

"Dari 58 mahasiswa itu ada banyak yang sudah lunas, dan mereka cerita kalau bunganya besar, bisa 20 persen. Pinjaman mereka bisa Rp 5 juta, Rp 10 juta, hingga buat beli motor baru," kata Gunawan.

Meski hanya mendapatkan 58 mahasiswa yang secara terbuka mengakui telah meminjam dana di pinjol, Gunawan meyakini bahwa jumlah mahasiswa yang terjerat ada lebih banyak. Ia bahkan memprediksi bahwa sedikitnya di tiap prodi ada yang menggunakan pinjol.

Namun kemungkinan banyak yang malu mengungkapnya ketika ditanya saat survei. Untuk mencegah semakin banyaknya mahasiswa terjerat pinjol, pihak kampus akan memperingatkan mahasiswa baru mengenai hal itu dalam Masa Ta'aruf Mahasiswa Baru UMY 2023/2024 (MATAF UMY) yang mulai diadakan pada Senin (11/9/2023) di Sportorium UMY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement