Sabtu 08 Jul 2023 14:04 WIB

Kerja Sama dengan Jakpat, Danamon Rilis Hasil Riset di Sejumlah Daerah di Indonesia

Terdapat temuan menarik mengenai ketertarikan pada pilihan program berhadiah.

Gedung Bank Danamon.
Foto: Bank Danamon
Gedung Bank Danamon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada akhir kuartal I 2023, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon)  mengadakan penelitian bekerja sama dengan Jakpat. Penelitian ini dilakukan khusus untuk mengetahui lebih dalam pada minat dan pilihan masyarakat terhadap program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesia. 

Penelitian yang bertemakan 'Program Undian Berhadiah Perbankan' ini dilaksanakan kepada lebih dari 1.000 responden di hampir seluruh daerah di Indonesia yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Baca Juga

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Danamon dan Jakpat mendapatkan beberapa temuan menarik  mengenai ketertarikan masyarakat Indonesia pada pilihan program undian berhadiah yang diadakan  oleh perbankan di Indonesia. Secara keseluruhan, para responden memberikan nilai ketertarikan  terhadap program undian berhadiah dengan rata-rata nilai sebesar 3,83 dari 5. 

"Wilayah tempat tinggal responden menjadi salah satu penentu ketertarikan responden untuk  mengikuti program undian berhadiah," ujar Consumer Funding Business Head PT Bank Danamon Indonesia, Ivan Jaya, dalam siaran pers, Sabtu (8/7/2023).

Ivan memaparkan, responden lebih menyukai bentuk hadiah  bernilai besar seperti mobil, emas, ataupun voucher belanja di wilayah Sumatera, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Responden  juga cenderung memilih program undian berhadiah yang dilakukan setiap tiga bulan sekali sehingga peluang menang mereka lebih besar.

Sementara itu, 82 persen responden penelitian menyatakan telah mengetahui dan terbiasa dengan program  undian berhadiah dari perbankan. Sementara, 18 persen dari responden yang telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan, menyatakan sudah familiar dengan program undian berhadiah bank ketika mereka membuka rekening tabungan. 

Selain itu, berdasarkan domisili, masyarakat yang memiliki tingkat familiar tinggi terhadap program undian berhadiah perbankan ialah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, mencapai 93 persen responden. Selanjutnya diikuti Banten dan Jawa Barat, yakni 78 persen responden, serta DKI  Jakarta dan sekitarnya yakni 73 persen responden.

Sebesar 64 persen responden mengaku alasan utama menyukai program undian berhadiah adalah untuk mencoba keberuntungan mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Sedangkan 38 persen responden menyatakan menyukai program undian karena rasa penasaran dan keseruan yang ditawarkan dari program.

Kendati demikian, 57 persen responden menyatakan bahwa menang atau kalah, tidak menjadi masalah (nothing to lose), setidaknya mereka masih bisa melakukan kegiatan menabung. Sedangkan 54 persen responden menyatakan menyukai program undian dengan periode waktu pengundian yang lebih banyak atau yang diadakan setiap per tiga bulan dengan tawaran hadiah yang lebih besar. 

Ia juga memaparkan, mayoritas responden menyatakan hadiah impian adalah mobil mewah, kemudian 7 persen responden mengharapkan point reward dan cashback. Sementara sisanya, yakni 6 persen mengharapkan uang tunai atau voucher belanja. 

Ivan mengatakan hasil penelitian Danamon dan Jakpat inilah yang menjadi gagasan dasar inisiatif program terbaru  'Danamon Hadiah Beruntun' yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan nasabah. Program ini juga ditujukan untuk memberikan kepuasan dan kesempatan menang lebih besar bagi para nasabah Danamon. Bank Danamon bangga menghadirkan program tabungan inovatif 'Danamon Hadiah Beruntun' yang berlangsung sejak April hingga September 2023. 

"Danamon Hadiah Beruntun merupakan program tabungan unik di mana setiap nasabah memiliki  kesempatan memenangkan hadiah secara berulang, mulai dari hadiah langsung seperti cashback setiap bulan, hadiah per tiga bulan yang diundi di 12 wilayah berbeda, hingga hadiah utama yang akan  diundi di akhir periode program," ujar Ivan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement