Rabu 12 Jul 2023 09:11 WIB

Terdampak Kekeringan, 2 Dusun Situbondo Dipasok 10 Ribu Liter Air Bersih

Sumber mata air di sekitar dusun itu mulai berkurang.

Warga antre untuk mendapat air bersih (ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Warga antre untuk mendapat air bersih (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mendistribusikan air bersih ke desa yang sudah mengalami kekurangan air bersih memasuki musim kemarau.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo Puriyono mengatakan pemerintah daerah setempat mendistribusikan air bersih seiring permintaan dari pihak pemerintahan desa yang mengalami kekurangan air bersih untuk kebutuhan warganya.

"Kami mendistribusikan air bersih ke Dusun Polay Taman dan Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa. Karena di dua dusun itu mulai kekurangan air bersih untuk kebutuhan memasak dan lainnya," kata Puriyono di Situbondo.

Menurut dia, di Dusun Polay Taman di tiga RT (RT 02, 03, dan 07) tercatat 350 jiwa membutuhkan air bersih karena memasuki musim kemarau tahun ini, sumber mata air di dusun tersebut mulai mengecil dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan di Dusun Bendusa juga terdapat tiga RT (RT 01, 03, dan 08) dengan jumlah 450 jiwa juga membutuhkan air bersih yang diakibatkan sumber mata air di sekitar dusun itu mulai berkurang.

"Jadi, kami mendistribusikan air bersih ke Dusun Polay Taman dan Dusun Bendusa sebanyak 10 ribu liter air, masing-masing untuk satu dusun 5,000 liter menggunakan dua armada truk tangki milik BPBD dan PMI," kata Puriyono.

Ia menjelaskanpendistribusian air bersih ke dua dusun di Desa Jatisari itu setelah BPBD mendapatkan laporan atau pemberitahuan permintaan air bersih dari pemerintahan desa setempat.

"Pengiriman air bersih ke desa terdampak kekurangan air bersih dilakukan tiga hari sekali, karena pengiriman dilakukan secara bergantian ke desa lainnya. Kami akan terus mengirim air bersih ke desa yang mengalami kekurangan air bersih," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement