Rabu 12 Jul 2023 21:16 WIB

Penampakan Benda Diduga UFO di Pasuruan, Profesor BRIN: Itu Objek Bumi

Secara sains benda itu bukanlah objek yang berasal dari antariksa.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Fernan Rahadi
Prof Thomas Djamaluddin
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Prof Thomas Djamaluddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat maya dihebohkan dengan unggahan video yang menampilkan objek berwarna putih terbang di langit, yang diduga sebagai unidentified flying object atau UFO. Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, secara sains, benda itu merupakan objek dari bumi, bukan objek antariksa.

"Saya tidak tahu objek yang dikabarkan sebagai UFO atau benda terbang tak dikenal itu," ujar Thomas kepada Republika, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga

Thomas menjelaskan, secara sains benda itu bukanlah objek yang berasal dari antariksa, melainkan objek yang berasal dari bumi. Menurut dia, secara sains bisa dikatakan seperti itu karena anggapan sebagian orang bahwa UFO dikaitkan dengan alien tidak terbukti secara ilmiah.

"Tidak ada kaitannya juga dengan alien atau makhluk luar angkasa seperti dipercaya oleh sebagian orang," jelas dia.

Akun Twitter @kabarUFO mengunggah dua postingan berisi potongan video penampakan benda mirip UFO yang lokasi pengambilan gambarnya sama-sama di Jawa Timur. Postingan pertama berisi potongan video yang merekam benda mirip UFO, yang lokasi pengambilannya dari Bangil, Pasuruan, Jawa Timur pada Ahad (9/7/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Unggahan kedua berisi video penampakan benda bundar mirip UFO yang diambil dari Jalan Bromo, Ponjen, Kencong, Jember, Jawa Timur pada Rabu, (12/7/2023) sekitar pukul 04:55 WIB. Pemilik akun menjelaskan, penampakan benda mirip UFO di Jember terjadi mulai pukul 04:30 WIB dan hilang saat matahari terbit.

Postingan itu pun mendapat ragam respon dari netizen. Seperti akun bernama @emjipack yang menyebut penampakan benda mirif UFO di Jember sama dengan yeng terlihat di Pasuruan. "Sama yg di Pasuruan nih.... mereka kayak lg mengamati sesuatu.....gunung yg lg meletus kali," tulisnya.

Meski demikian, ada juga warganet yang tidak mempercayai bahwa benda yang ada di rekaman tersebut adalah UFO. Ada juga yang menganggap benda tersebut adalah drone. "Drone paling," tulis akun @awah_x.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement