Senin 17 Jul 2023 17:14 WIB

Prof Komarudin Kembali Terpilih Menjadi Rektor UNJ Periode 2023-2027

World Class University telah sering diangkat menjadi salah satu fokus upaya UNJ.

Prof Komarudin kembali terpilih sebagai Rektor Terpilih UNJ periode 2023-2027.
Foto: dokpri
Prof Komarudin kembali terpilih sebagai Rektor Terpilih UNJ periode 2023-2027.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prof Komarudin telah sah dinyatakan sebagai Rektor Terpilih UNJ periode 2023-2027 dengan perolehan suara 82 dari 112 suara. Prof Komarudin mengungguli Prof Ucu Cahyana yang meraih 30 suara dan Muhammad Yusro dengan nol suara. 

Ketua Senat UNJ, Prof Hafid Abbas mengesahkan jabatan periode kedua Pro  Komarudin melalui ketuk palu. Sedangkan Sekretaris Senat UNJ Prof Ahman Sya membacakan berita acara kegiatan luring pemilihan Rektor UNJ yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai 11.10 WIB. Rapat ini dihadiri 73 orang senat UNJ dan perwakilan kementerian Pelaksana Teknis Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswa, Sri Gunan Pratiwi. 

Baca Juga

Rapat senat tertutup yang sekaligus pemilihan Rektor UNJ ini merupakan momen bersejarah bagi kampus Ex-IKIP ini karena berkaitan dengan masa transisi dari perguruan tinggi negeri Badan Layanan Ymum (BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Senat UNJ, Prof Hafid Abbas.

"Kelak berikhtiar menjadi universitas kelas dunia," ucapnya saat menyampaikan sambutan pembuka acara ini dalam siaran pers, Senin (17/7/2023).

World Class University telah sering diangkat menjadi salah satu fokus upaya UNJ. Sebelumnya hal ini juga merupakan salah topik yang dibahas oleh Rektor UNJ, Prof Komarudin. 

Terkait ini, Prof Komarudin telah menjabarkan tujuh strategi UNJ untuk reputasi internasional yakni, penguatan core competency bertaraf internasional, output riset dan pengabdian yang berdampak, penguatan publikasi, sitasi, dan sumber informasi website, penguatan tata kelola dan kinerja universitas, penguatan infrastruktur dan sistem teknologi informasi, dan penguatan peran alumni serta jejaring kerja sama.   

Ketujuh poin tersebut merupakan fokus Rektor UNJ yang berasal dari Fakultas Ilmu sosial ini yang tertuang dalam visi Great Reputation to Enlighten the Nation and Globe.

Dibawah binaan Prof Komarudin, UNJ berhasil menghadapi beberapa tantangan di antaranya akreditasi B yang sekarang mendapat akreditasi unggul. Selain itu reputasi Universitas menurut Webometrics telah meraih urutan 39 secara nasional dan mendapat status wajar tanpa pengecualian (WTP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement