Sabtu 22 Jul 2023 17:30 WIB

Bernuansa Alam Pegunungan, Gelaran 'Jazz Gunung Bromo' Tarik Animo Wisatawan

Beberapa penonton berasal dari wisatawan asing.

Penonton menyaksikan penampilan salah satu musisi jazz dalam Jazz Gunung Bromo  (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Penonton menyaksikan penampilan salah satu musisi jazz dalam Jazz Gunung Bromo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Pagelaran musik "Jazz Gunung Bromo 2023" yang diselenggarakan di Amfiteater Terbuka Jiwa Jawa Resort di Wonotoro, Kabupaten Probolinggo, Jatim, pada 21-23 Juli 2023 diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik hingga mancanegara.

"Kegiatan itu telah menghibur para penggemar musik jazz, bahkan yang menyaksikan tidak hanya dari Probolinggo, akan tetapi banyak dari luar daerah," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Sabtu (22/7/2023).

Sekda bersama segenap organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo menghadiri pembukaan di Jiwa Jawa Resort Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jumat (21/7/2023) malam.

"Jazz Gunung Bromo" merupakan pagelaran musik jazz bertaraf internasional yang menampilkan pertunjukan komposisi jazz bernuansa etnik dipadu dengan keindahan alam Gunung Bromo.

 

"Meskipun dengan suhu yang amat dingin di kawasan Bromo, para penonton pecinta jazz tetap menyaksikan penampilan para penyanyi dan para musisi ternama di Indonesia," ujarnya.

Kepala Diskominfo Probolinggo Yulius Christian menambahkan beberapa penonton berasal dari wisatawan asing sehingga diharapkan dalam kegiatan itu dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Saya berharap penonton berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo dan membeli produk lokal UMKM, sehingga pagelaran itu juga mendongkrak sektor ekonomi," kata dia.

"Jazz Gunung Bromo" sudah menjadi kegiatan musik jazz etnik berskala internasional dengan menampilkan beberapa musisi terkenal, termasuk dari berbagai negara serta penyanyi terkenal dalam negeri.

Tampil di panggung terbuka pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dengan suasana alam pegunungan menjadi pengalaman tersendiri bagi para musisi dan memberikan kesan mendalam dan tahun ini tema yakni "Indahnya Jazz, Merdunya Gunung".

Pertunjukan dimeriahkan dengan penyanyi dan deretan musisi ternama Indonesia seperti Salma Salsabil yang telah menjadi pembuka dan mendapat sambutan meriah penonton. Lagu-lagu yang dibawakan telah menggugah para penonton untuk ikut menyanyi.

Disusul penampilan Deredia dan Henk Kraaijeveld Quintet, bahkan musisi kawakan Mus Mujiono bersama Sweetswingnoff dan Indrianto, serta Atiek CB yang telah tampil memukau dan dapat menghipnotis para penonton.

Selain itu, musisi muda Ardhito Pramono sebagai penampil penutup di hari pertama "Jazz Gunung Bromo 2023". Untuk hari kedua juga akan dimeriahkan dengan penampilan Jeremie Ternoy Trio, Margie Segers, Ermi Kullit bersama Yongkeys, juga Varnasvara bersama Daniel Dyonisius.

Selanjutnya adalah Second Brain ft Ricad Hutapea, Eggy Bayu Pratama dan Parti Aditia Faoth, kemudian disusul dengan Ring of Fire Project duet dengan Denny Caknan, serta penampilan Yura Yunita.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement