Senin 24 Jul 2023 14:28 WIB

UGM Trail Run 2023 akan Digelar pada Bulan Oktober

Kepindahan lokasi dari Wanagama ke Kaliurang untuk mengakomodasi jumlah peminat.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada, Ganjar Pranowo, ikut memeriahkan kegiatan lomba lari Universitas Gadjah Mada International Trail Run (UGM ITR) 2022 di Hutan Wanagama, Gunungkidul.
Foto: UGM
Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada, Ganjar Pranowo, ikut memeriahkan kegiatan lomba lari Universitas Gadjah Mada International Trail Run (UGM ITR) 2022 di Hutan Wanagama, Gunungkidul.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar UGM Trail Run 2023 pada 1 Oktober 2023. Pada penyelenggaraan kali ini, UGM Trail Run mengangkat tema Run, Edu, Care. 

UGM Trail Run merupakan ajang tahunan yang digelar oleh komunitas alumni KAGAMA Lari untuk Berbagi (KLUB) dengan dukungan penuh dari UGM dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA). Tahun ini, UGM Trail Run akan mengambil lokasi start dan finish di Karang Pramuka, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Ketua Panitia UGM Trail Run, yang juga sekaligus Ketua Umum KAGAMA Lari untuk Berbagi, Nugroho Dewayanto, menjelaskan kepindahan lokasi dari Wanagama ke kawasan Kaliurang adalah untuk mengakomodasi jumlah peminat yang lebih banyak, yang tidak bisa tertampung karena terbatasnya kapasitas di Wanagama. Lokasi yang baru akan memberikan tantangan dan pengalaman yang baru dan lebih menantang pula kepada para peserta. 

"Kami berharap agar event ini mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta, dan ke depannya meraka akan selalu menantikan dan mengikuti event kami secara rutin," kata Nugroho dalam keterangannya, Senin (24/7/2023).

UGM Trail Run merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke 74 UGM. Dengan latar belakang kegagahan dan keanggunan Gunung Merapi, para peserta UGM Trail Run akan diajak menyelesaikan tantangan berlari melintasi alam lereng pegunungan pada kategori jarak 5, 10 dan 21 kilometer.

Acara ini ditargetkan diikuti 1.500 orang dan dapat diikuti oleh para alumni UGM dan masyarakat umum.

Sementara itu Rektor Universitas Gadjah Mada, Ova Emilia,  menyampaikan pesan agar tema Run, Edu, Care yang dikemas dalam event UGM Trail Run 2023 ini menjadi sebuah komitmen bersama untuk senantiasa menjalankan dan mempromosikan hidup sehat, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan, dan juga semangat untuk terus berbagi kepada sesama. Ia juga berharap agar UGM Trail Run bisa menjadi momentum yang luar biasa dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan membangun kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan. 

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan memberikan kesempatan bagi para partisipan untuk berinteraksi secara langsung, berbagi pengalaman, dan memperluas jejaring sosial mereka.

Dari ketiga nomor jarak yang diselenggarakan, panitia menyediakan hadiah uang tunai bagi para peserta yang berhasil mencatatkan waktu terbaik untuk kategori umum putra dan putri, serta kategori master putra dan putri. Selain itu, mulai tahun ini diperkenalkan pula satu kategori khusus untuk grup alumni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement