Kamis 03 Aug 2023 04:38 WIB

Pemkot Batu Bakal Tambah SDM Pengelola Sampah di TPA Tlekung

DLH saat ini tengah fokus untuk mengurangi volume sampah.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Kota Batu.
Foto: dok. Diskominfo Kota Batu
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Kota Batu.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, telah meminta agar mesin incinerator di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung ditambah dan ditingkatkan performanya. Hal ini ditujukan dalam rangka mengatasi volume sampah dengan lebih cepat.

Sebagaimana diketahui, Aries dan jajarannya telah melakukan evaluasi terhadap permasalahan di TPA Tlekung. Sejauh ini, kata dia,  setiap hari terjadi peningkatan progres dalam penanganan sampah di TPA Tlekung.

Namun pada proses peninjauannya diketahui mesin incinerator mengalami kendala dan tidak berfungsi dengan optimal. Kondisi ini menyebabkan volume sampah yang diproses masih terbatas. "Oleh karena itu, saya meminta agar mesin incinerator ditambah dan ditingkatkan performanya untuk mengatasi volume sampah dengan lebih cepat," katanya.

Selain itu, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan sampah juga menjadi perhatian. Dalam hal ini dia meminta agar SDM pengelolaan sampah ditambah. Jika ada masyarakat yang ingin membantu, pihaknya siap berkolaborasi untuk mengoptimalkan upaya penanganan sampah di TPA Tlekung.

Evaluasi dan pemantauan penanganan sampah ini juga dikomandoi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu, yang setiap hari memimpin rapat evaluasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan perkembangan yang signifikan dalam penyelesaian permasalahan sampah.

Adapun terkait aspek anggaran, Pj Wali Kota Batu menyatakan bahwa pihaknya akan menggunakan anggaran dengan cara yang paling cepat dan efektif. Hal ini termasuk dengan menggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT). Namun, hingga saat ini, belum ada estimasi anggaran yang dapat disampaikan karena evaluasi dan perencanaan masih terus dilakukan oleh tim teknis.

Pada kesempatan itu, dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait untuk terus berkolaborasi dalam upaya mengatasi permasalahan sampah di TPA Tlekung. Dalam hal ini, partisipasi aktif masyarakat sangat diharapkan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan di Kota Batu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Aries Setyawan, menjelaskan pihaknya saat ini tengah fokus untuk mengurangi volume sampah. Hal ini terutama terkait penanganan sampah di TPA Tlekung. Dengan demikian, ini nantinya dapat mengurangi volume sampah yang ditampung di lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement