Senin 07 Aug 2023 09:29 WIB

Tiga Prodi UMM Kini Terakreditasi Internasional FIBAA

Kolegalitas di masing-masing unit harus ditingkatkan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tiga Program Studi (Prodi) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima sertifikat akreditasi internasional FIBAA. Ketiga prodi tersebut, yakni Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Psikologi.

Pada kesempatan sama, UMM juga meluncurkan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) 2.0 sebagai rapor kinerja para dosen. Rektor UMM, Prof Fauzan mengatakan, modal utama sebuah organisasi baik organisasi sosial maupun bisnis adalah memiliki budaya kerja atau organisasi yang sehat.

"Begitupun dalam mengembangkan pendidikan yang memerlukan budaya kerja yang baik dan saling memartabatkan satu dengan yang lain," katanya.

Menurut dia, selama ini di UMM telah terjalin budaya kerja yang baik dengan komunikasi yang humanis. Hal tersebut juga dibuktikan dengan raihan prestasi akreditasi internasional dari berbagai prodi yang dimiliki.

 

Merujuk hal itu, kolegalitas di masing-masing unit harus ditingkatkan. Dengan demikian, jalan menuju perguruan tinggi yang memiliki mutu dan prestasi gemilang akan semakin mudah.

Ia juga berpesan pada lektor atau tenaga pendidik untuk memiliki perasaan tidak tenang jika tidak membuat atau melahirkan sebuah inovasi. Center of Excellence (CoE) yang dimiliki UMM sebenarnya suatu pemantik dari inovasi dan gagasan baru lainnya.

Program ini dibentuk agar mahasiswa memiliki kehidupan kuliah dengan ikatan kerja. Dengan demikian, mereka tidak hanya memiliki bekal akademik tetapi juga softskill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Menurutnya, CoE merupakan program yang futuristik. Bahkan telah mendapatkan banyak perhatian dari banyak pihak, baik itu di tingkat nasional hingga internasional, termasuk dari UNESCO. Apalagi program seperti ini tidak ditemui di perguruan tinggi lain.

Terakhir, Fauzan juga menegaskan saat ini, UMM tengah mengimplementasikan 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s) dengan Tri Catur Dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan sebagai komitmen kepedulian UMM.

"Bukan hanya di bidang pendidikan saja, tapi juga turut berkontribusi pada masyarakat dunia," ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement