Rabu 09 Aug 2023 13:14 WIB

Tim SAR Gabungan Terus Cari 4 Nelayan Tenggelam di Perairan Tulungagung

Pencarian dilakukan melalui jalur laut maupun daratan.

Pencarian korban kapal tenggelam. (ilustrasi)
Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Pencarian korban kapal tenggelam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Basarnas Pos SAR Trenggalek bersama tim SAR gabungan mengerahkan empat tim untuk melakukan operasi pencarian empat nelayan yang menjadi korban hilang tenggelam di perairan Pantai Gladak, Tulungagung, Jawa Timur, sejak Senin (7/8/2023) malam.

"Pencarian kami lakukan melalui jalur laut maupun daratan dengan menyisir sepanjang garis pantai," kata Koordinator Pos SAR Basarnas Trenggalek, Yoni Fariza. Ia mengakui, proses pencarian terkendala karena lokasi nelayan tenggelam berada sangat dekat dengan tepi pantai yang penuh karang.

Arus lautnya sangat kuat dan bergejolak sehingga menyulitkan perahu SAR mendekat ataupun melakukan pencarian. Menurut keterangan regu SAR maupun nelayan sekitar, kasus nelayan tenggelam di perairan Pantai Gladak bukan pertama kalinya.

"Sesuai data kami, sudah menangani empat musibah di daerah itu," kata Yoni. Daerah tersebut terkenal sebagai spot ikan sehingga tak sedikit nelayan mencari ikan di sana.

 

Kendati demikian, di balik itu, daerah tadi terkenal mematikan karena kondisi medan terdiri dari bebatuan karang hingga gelombang yang terbilang ganas. "Karena istilahnya lokasi tersebut spot ikan. Banyak pemancing pereng, banyak nelayan yang terkadang terlalu ke tepi untuk mencari ikan," ujarnya.

Upaya pencarian korban hilang rencananya dilanjutkan Rabu (9/8) pagi. Yoni mengatakan, area pencarian dimungkinkan untuk diperluas, dengan mempertimbangkan kondisi arus laut dan arah angin.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement