Ahad 20 Aug 2023 20:03 WIB

Resmi Digelar di Yogyakarta, Pesta Rakyat Simpedes Dukung Ratusan UMKM

Pada kelas UMKM diadakan tiga talkshow interaktif dengan mengusung tiga tema utama.

Agenda tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) digelar di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 19-20 Agustus 2023.
Foto: dokpri
Agenda tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) digelar di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 19-20 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Agenda tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) resmi digelar di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 19-20 Agustus 2023. Pesta Rakyat Simpedes merupakan bentuk komitmen BRI untuk meningkatkan pemahaman digitalisasi finansial masyarakat serta membantu para pelaku UMKM untuk terus berkembang dan memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. 

Gelaran PRS 2023 Yogyakarta mengusung tema 'Pede Raih Peluang' yang diimplementasikan kedalam seluruh rangkaian kegiatan acara ini berlangsung dengan tujuannya yaitu memberikan edukasi sekaligus hiburan bagi para nasabah BRI. 

Kemeriahan PRS Yogyakarta disambut oleh Sekretaris Daerah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Beny Suharsono yang mewakili Gubernur Provinsi DIY. Dalam sambutannya, Beny mengungkapkan bahwa Pemda DIY sangat mengapresiasi kepada BRI yang sudah menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes.

"Hal ini merupakan komitmen Bank BRI kepada masyarakat melalui ekonomi kerakyatan, selain itu kami juga berikan apresiasi telah memberikan edukasi finansial dan literasi digital kepada para pedagang dan masyarakat di Yogyakarta. Masyarakat jadi lebih mengenal QRIS dan pedagang lokal punya akses untuk tumbuh lebih besar. PRS ini juga merangkul tradisi lokal melalui program grebek pasar dengan mendatangi para pedagang untuk membuat rekening dan menggunakan QRIS, semoga kegiatan ini bisa mendorong perekonomian lokal di Yogyakarta," ungkap Beny.

 

Berbagai macam kegiatan dari beberapa sektor UMKM di Yogyakarta hadir di PRS tahun ini menjadikan UMKM terus tumbuh. "Gelaran PRS tahun ini merupakan bentuk konsistensi Bank BRI dalam mendorong pemberdayaan UMKM dengan terus melakukan transformasi, salah satunya melalui digitalisasi untuk menghadirkan layanan berorientasi customer centric. Langkah ini dilakukan BRI melalui Upaya literasi dan pendampingan kepada nasabah dan pelaku UMKM. Kami harapkan UMKM terus tumbuh dan kami perlu informasikan dana yang terhimpun pada Regional Office Yogyakarta sebesar Rp 63 triliun dan dana tersebut kembali kemasyarakat dalam bentuk kredit pinjaman sebesar Rp 69,5 triliun," ujar RCEO BRI Yogyakarta, John Sarjono, saat ditemui langsung di lokasi acara.

Gelaran PRS 2023 di Kota Yogyakarta dimeriahkan dengan serangkaian program acara. Hari pertama, PRS diawali dengan agenda Pawai Budaya yang akan diikuti oleh 200 peserta dari berbagai macam komunitas lokal di Yogyakarta. Pawai Budaya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan rute dimulai dari titik kumpul di Jalan Ipda Tut Harsono sampai diakhiri d ititik yang sama dengan total waktu selama 40 menit. Antusiasme terlihat dari peserta pawai yang meliputi Marching Band Akademi Pelayaran Nasional, Jogja Fashion Carnival, Kesenian Prajurit Kraton, Barongsai Sanggar Damai, Reog Ponorogo, Jathilan Surengpati dan Komunitas Sepeda Ontel Kodja Yogyakarta. 

Kemeriahan rangkaian acara PRS Yogyakarta terlihat dari area Pasar yang merupakan kegiatan bazar bagi para peserta UMKM dengan aneka produk favorit khas Kota Yogyakarta dan berbagai program menarik. Area bazar menjadi acuan untuk kegiatan digitalisasi finansial dalam mengubah kebiasaan bertransaksi nasabah dari tunai menjadi cashless melalui aplikasi BRImo.

Pada hari kedua kegiatan Pesta Rakyat Simpedes terdapat Panen yaitu penyerahan secara simbolis program Panen Hadiah Simpedes dan  aneka kegiatan berhadiah bagi para pengunjung yang hadir. Tak lupa, PRS BRI 2023 memberikan ruang kegiatan hiburan melalui Pojok X’Sis bagi para pengunjung beraktivitas menikmati keseruan rangkaian kegiatan PRS. 

Bentuk kepedulian sosial BRI  melalui booth Peduli yang dapat dikunjungi oleh para pengunjung PRS. Hanya membayar 1 rupiah melalui aplikasi BRImo, pengunjung dapat melakukan cek kesehatan gratis, donor darah, sembako gratis dan juga dapat menukarkan sampah plastik secara gratis dengan voucher ratusan ribu rupiah. 

Semarak kemeriahan PRS dirasakan dalam kegiatan Panggung yang dibagi menjadi beberapa segmen hiburan seperti kegiatan olahraga bersama yaitu jalan sehat dan zumba yang diikuti oleh ratusan peserta. Panggung akan dimeriahkan oleh penampilan artis-artis Ibu Kota hingga artis lokal seperti Judika, J-Rocks, Soegi Bornean dan Ndarboy Genk. Selain panggung hiburan, PRS 2023 Yogyakarta kali ini adanya Panggung yang diisi dengan nilai edukasi serta informatif melalui kelas interaktif dengan tema seputar bisnis bagi pelaku UMKM dan pengunjung.

Pada kelas UMKM diadakan tiga talkshow interaktif dengan mengusung tiga tema utama yaitu “Anak Milineal Jago Bisnis Digital”, “10 Sikap yang Dibangun Dalam Marketing Modern” dan “UMKM Pun Bisa Punya Pensiun” yang diadakan selama dua hari saat acara berlangsung. Harapannya dengan diadakan kelas UMKM ini dapat memberdayakan pelaku UMKM serta memberikan wawasan sebagai bekal bagi para pelaku UMKM untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis. 

Ahad (20/8/2023) merupakan hari terakhir gelaran PRS di Yogyakarta. Tidak kalah seru seperti hari pertama gelaran PRS, pada hari kedua PRS Yogyakarta menampilkan program kegiatan yang menarik untuk diikuti seperti kelas interaktif yang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM serta pengunjung, kemeriahan dari E-Sport Competition, kemudian adanya promo-promo menarik berbelanja di booth PRS pada kegiatan Promo Belanja Sat Set dan acara akan ditutup oleh penampilan spektakuler dari Soegi Bornean dan Ndarboy Genk. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement