Rabu 23 Aug 2023 15:59 WIB

Didampingi Ganjar, Megawati Hadiri Peresmian Patung Soekarno di Omah Petruk

Megawati duduk diapit oleh Ganjar dan Romo Sindhunata.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri peresmian patung Soekarno di Rumah Budaya Oemah Petruk, Sleman, Rabu (23/8/2023).
Foto: Republika/ Febrianto Adi Saputro
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri peresmian patung Soekarno di Rumah Budaya Oemah Petruk, Sleman, Rabu (23/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri peresmian patung Presiden pertama RI Soekarno di Rumah Budaya Oemah Petruk, Karang Klethak, Hargo Binangun, Pakem, Sleman, Rabu (23/8/2023). Megawati terlihat didampingi bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. 

Megawati tiba sekitar pukul 13.00 WIB. Diikuti Ganjar setelahnya. Megawati langsung disambut sejumlah tamu yang sebagian besar merupakan budayawan seperti Gabriel Possenti, Sindhunata (Romo Sindu), Butet Kartaredjasa, Mohammad Sobary, dan sejumlah tokoh lain seperti Benny Susetyo, Totok Hedi Santosa, Danang Maharsa, dan lain-lain.

Baca Juga

Megawati lalu berkeliling melihat pameran foto yang terletak di pendopo di Oemah Petruk. Kemudian diikuti Ganjar di belakang Megawati. Megawati tampak bernostalgia dengan foto-foto Soekarno saat muda.

Megawati juga duduk diapit oleh Ganjar dan Romo Sindhunata. Sebelum meresmikan patung Soekarno, Megawati menyampaikan sambutannya.

"Ayah saya itu bukan hanya politisi, beliau ya seniman, jadi waktu dari kecil lihat ada foto saya sudah diajari, kalau lihat tarian mau gak mau pasti goyang," kata Megawati, Rabu (23/8/2023).

Ketua panitia acara Totok Hedi Santosa mengatakan kegiatan ini berawal dari perbincangan antara dua tokoh budayawan yang meragukan Megawati bakal hadir meresmikan patung tersebut langsung. Dua orang yang berbincang itu yakni budayawan Romo Sindhunata dan pematung Dunadi.

"Lalu perbincangan ini disampaikan ke saya. Lalu saya nggak tau caranya kecuali menelepon Mas Hasto. Dari situ kami mendapatkan kabar menggembirakaan bahwa ibu datang ke sini meresmikan patung tersebut," ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement