Jumat 25 Aug 2023 18:47 WIB

Undip Tegaskan Netral pada Pilpres 2024

Pilihan calon presiden adalah pilihan individu yang bersifat rahasia.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) buka suara menyusul beredarnya pemberitaan di media massa ihwal dukungan alumni Undip kepada salah satu bakal calon presiden (bacapres) pada Pilpres 2024 nanti.

Melalui klarifikasi tertulisnya, Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama  menegaskan, Undip adalah lembaga pendidikan yang bersifat netral dan tidak mendukung salah satu calon tertentu pada Pilpres 2024.

Sebagai lembaga perguruan tinggi, Undip tetap fokus pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bersih dari berbagai pengaruh partai politik (parpol) ataupun kegiatan politik praktis lainnya.

Menanggapi pemberitaan tentang Alumni Universitas Diponegoro yang mendukung salah satu bakal calon presiden, rektor menegaskan, untuk pilihan calon presiden adalah pilihan individu yang bersifat rahasia.

Sehingga pilihan tersebut menurutnya adalah pilihan pribadi (individu) dan bukan pilihan atau dukungan yang mengatasnamakan lembaga atau institusi pendidikan tinggi, dalam hal ini adalah Undip.

"Karena sejatinya Undip adalah kampus yang menjunjung tinggi nilai Pancasila yang mengutamakan netralitas sebagai kampus yang bersih dari pengaruh politik praktis," jelasnya, Jumat (25/8/2023).

Undip, masih ungkap Yos Johan, tetap  melarang pihak manapun yang  menggunakan nama institusi Undip dalam upaya memberikan dukungan kepada bacapres maupun parpol tertentu.

"Demikian pernyataan kami sampaikan untuk menglarifikasi kabar yang telah beredar dimasyarakat dan mengaitkan Undip dengan dukungan terhadap salah satu bacapres tertentu pada pilpres 2024" tegas Yos Johan.

Sebelumnya, sejunlah alumni Undip yang tergabung dalam 'Repro Mandiri' 08 mendeklarasikan dukungannya kepada bacapres dari Parta Gerindra, Prabowo Subianto, di Hotel Aston Semarang, Rabu (23/8).

Jauh dari deklarasi ini, Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Mereka menvatasnamakan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi Undip, Unnes dan UNS Bersama Ganjar (Pena Mas Ganjar). Deklarasi ini digelar di Ballroom Hom Hotel, Semarang, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement